1. Lifestyle

Sebelum Membeli, Simak Dulu Pendapat Reviewer Mengenai Middle-earth: Shadow of War

Kontennya yang 'terlalu banyak' ternyata bisa jadi kendala.

Middle-earth: Shadow of Mordor merupakan kejutan tak terduga di tahun 2014 sekaligus bukti bahwa tak selamanya game adaptasi dari film berakhir mengecewakan. Permainan dibekali fitur unik bernama Nemesis System, menyuguhkan sensasi perburuan musuh yang seru dan dinamis. Fitur ini kabarnya disempurnakan lagi dalam sekuelnya, Shadow of War, bersama dengan update pada grafis dan sistem pertempuran.

Shadow of War memang baru akan dirilis pada tanggal 10 Oktober nanti, tapi media-media yang sudah mencobanya telah memublikasikan review mereka. Jika Anda kebetulan punya rencana untuk membelinya, sebaiknya Anda menyimak rangkuman ulasan ini lebih dulu

Mari kita mulai dari review dengan skor terendah: 7/10 dari GameSpot. Salah satu hal yang paling di kritik Justin Haywald ialah store, tempat Anda bisa menukarkan uang sungguhan buat membeli loot box. Bagian ini tidak perlu ada dan malah menodai penyajian konten permainan yang sebetulnya sangat menyenangkan dan mengagumkan, karena hanya di Shadow of War Anda bisa merasakan kisah berbeda di jagat Middle-earth.

Andy Kelly dari PC Gamer memberikan nilai hampir serupa GameSpot, hanya 7,3. Menurutnya, potensi Shadow of War buat bersinar ditutupi oleh sejumlah masalah: terlalu banyak menu memenuhi layar, terlalu banyak fitur-fitur setengah matang, lalu bagian map 'dikotori' beragam icon hingga sulit untuk menikmati ceritanya. PC Gamer mengerti developer ingin membuat Shadow of War lebih besar, tapi lebih besar belum tentu lebih baik.

Respons yang lebih positif diungkapkan oleh IGN. Reviewer membandingkan game ini dengan Batman: Arkham City. Shadow of War terasa lebih besar serta ambisius, dan IGN memuji bagaimana Monolith mengekspansi Nemesis System sehingga karakter-karakter sekunder lebih menonjol serta membuat pertempuran jadi tak terlupakan. IGN menyodorkan skor 90 dan meminta Anda untuk mengabaikan microtransaction-nya.

GamesRadar juga punya pendapat senada dan menghadiahkan nilai 4,5/5 bintang. Bagi sang pengulas, Middle-earth: Shadow of War menghidangkan pengalaman bermain yang masif dan kaya. Dunia permainan diisi oleh lokasi-lokasi yang bervariasi, lalu bertarung melawan anak buah Sauron selalu terasa menyenangkan. Reviewer menjumpai sensasi Assassin's Creed di sana, menyajikan menara-menara untuk dipanjat serta item-item buat Anda koleksi.

Dalam ulasan dengan skor 7,5, Polygon mengakui bahwa Shadow of War adalah game yang luar biasa, terutama pada ambisi developer memastikannya kaya akan konten dan pada aspek kompleksitasnya. Namun permainan juga terasa berantakan. Polygon menjelaskan, luapan konten membuat mereka kewalahan dan kelelahan. Kemudian, ketidaksempurnaan pada sejumlah fitur menyebabkan sekuel ini terkesan belum matang.

Di situs agregat review OpenCritic, Middle-earth: Shadow of Mordor memperoleh skor rata-rata sementara 84.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again