Sebelum Menghadapi Hackathon, Apa Saja Persiapan yang Perlu Anda Lakukan?

Sebelum Menghadapi Hackathon, Apa Saja Persiapan yang Perlu Anda Lakukan?

Tips bagi Anda yang senang dengan tantangan hackathon
programmer
programmer

Hackathon merupakan sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak. Dalam hackathon, biasanya para pemrogram komputer dan orang-orang lain yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras, termasuk desainer grafis, desainer antarmuka, dan manajer proyek berkumpul, biasanya selama akhir pekan, bahkan ada yang berlangsung hingga seminggu, untuk menciptakan suatu perangkat lunak yang bermanfaat.
Hackathon biasanya memiliki fokus yang spesifik, termasuk spesifik dalam hal bahasa pemrograman apa yang digunakan, menggunakan sistem operasi tertentu, aplikasi dan API tertentu, maupun target demografi pemrograman tertentu. Dalam kasus-kasus lain, hal-hal di atas tidak dibatasi oleh pihak penyelenggara.

Dikarenakan waktu hackathon yang sangat singkat, biasanya proses yang dilakukan hanya sampai prototyping tanpa melewati tahap validasi seperti test dan implement.

Banyak sekali hal yang dapat Anda dapatkan dari sebuah kompetisi hackathon, bahkan jika Anda kalah pun kompetisi ini juga tetap menjadi pengalaman yang berguna bagi masa depan Anda. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan sebelum menghadapi hackathon.

Bentuk team terbaik Anda

Mengerjakan project dalam satu malam membutuhkan tim untuk menambal/menutupi kemampuan yang Anda tidak bisa. Misal Anda seorang Programmer, mungkin Anda bisa menyelesaikan project-nya hanya dalam semalam, tapi Anda kurang ahli dalam skill komunikasi, akhirnya Anda kurang lancar berbicara, tidak ada kontak mata terhadap juri.

Hal ini mengakibatkan ide Anda yang dipresentasikan ke juri akan dianggap tidak menarik walaupun aplikasi Anda sudah bisa digunakan ataupun ide Anda bagus.
Skill komunikasi amatlah penting, jangan sampai di dalam tim Anda semuanya hanya terdiri dari seorang Programmer. Hindari terjadinya perpecahan dalam tim, jangan mementingkan ego masing-masing misal ribut karena perbedaan menggunakan stack teknologi. Lebih baik dipersiapkan sejak dari rumah.

Start lebih dahulu di rumah

Jangan ragu untuk memulai terlebih dahulu di rumah, banyak dari Hackathon mewajibkan untuk mengimplementasikan API yang disediakan. Kita bisa mencoba-cobanya dari rumah terlebih dahulu atau bahkan mengerjakan project setengah jadi misal 50% dan 50% dikerjakan saat hackathon.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan kegagalan yang tidak diharapkan. Jangan sampai prototype stuck hanya karena implementasi otentikasi user atau implementasi API.

Tentukan Prioritas

Sebaiknya kita sudah memikirkan Minimum Viable Product (MVP) yaitu membuat produk seminimal mungkin yang penting jalan dan bekerja. Karena Hackathon menganut “sistem kebut semalam”. Tentukan prioritas fitur utama apa yang mesti dibuat paling awal hingga terakhir, dan pastikan melakukan testing rutin di setiap fungsi. Jangan sampai membuat yang kompleks tapi belum pernah testing sebelumnya, hal ini akan merepotkan sekali jika terjadi error dimana-mana.

Makan dengan cukup

Mungkin kita mempunyai kendala dalam kode yang kita tulis dan ingin memecahkannya secepat mungkin sampai melupakan jadwal untuk makan. Hal ini sangat tidak baik dan hanya akan membuat Anda stress. Ambilah istirahat, dan sambil memikirkan bagaimana cara menyelesaikannya, hal ini sangat lebih baik dibanding duduk terus menerus scroll atas scroll bawah melakukan hal produktif tapi sebenarnya tidak sedang produktif. Jangan memaksakan diri, otak butuh istirahat. Tapi, jangan terlalu banyak makan yang akan membuat diri Anda jadi mengantuk dan tidur diawal malam.

Teruslah berkomunikasi dengan tim

Tiap anggota dalam tim pasti mungkin mengalami masalahnya masing-masing dalam mengerjakan prototipe, jangan sampai sesama tim tidak berkomunikasi sama sekali karena hal ini mengakibatkan kegagalan layaknya hubungan antara pasangan yang hampir tidak pernah berkomunikasi.

Tidak perlu presentasi menggunakan slide dalam penjurian awal

Ya, tidak perlu menggunakan slide presentasi karena dalam tahap awal penjurian hanya mendapatkan waktu yang sedikit. Terkadang menggunakan slide mempunyai masalah macetnya slide, tidak terdisplay, double next slide, slidenya tidak kelihatan dan hal ini membuang waktu yang hanya sedikit. Sebaiknya kita menggunakan, menampilkan Lean canvas. Karena hanya satu layout sudah mewakili semua slide. Masalah sekarang, solusi yang sudah ada, solusi sekarang, bahkan sampai target pasar nya dan monetisasinya. Tinggal kita menunjukkan prototipe yang sudah dibuat

Istirahat yang cukup

Selain makan, tidur itu sangat penting. Tapi karena tidur juga penting, jangan tidur di awal malam misal jam 9 malam sudah tidur sedangkan banyak waktu produktif programmer itu dimalam hari. Waktu memulai tidur yang disarankan yaitu jam 3–4 pagi.

Maksimalkan sesi tanya-jawab

Persiapkan pertanyaan yang mungkin mungkin akan ditanya juri, karena pertanyaan juri yang tidak dijawab akan mengurangi rasa percaya pada prototipe mu dan enggan meloloskan mu ke tahap selanjutnya, maupun sebagai juara.

Programmer 2

Ajang kompetisi pemrograman Toyota Fun/Code 2019 semakin dekat. Dengan sisa waktu kurang dari sebulan, panitia Toyota Fun/Code telah menutup registrasi kompetisi. Berikutnya tinggal menunggu waktu saja sampai hari-H acara, yaitu tanggal 2-3 November di Candi Bentar Hall, Jakarta.

Melalui kompetisi hackathon ini, TOYOTA berharap para profesional di bidang pemrograman dan teknologi informasi dapat mengembangkan MVP produk digital yang dapat memecahkan masalah di dunia otomotif dan/atau membantu meningkatkan pengalaman berkendara yang lebih baik, seperti keselamatan saat berkendara, mengurangi frekuensi kecelakaan, hingga merawat kendaraan. Dengan demikian, kebutuhan dalam negeri dapat ditopang oleh layanan dan inovasi karya anak bangsa.

Disclosure: Artikel ini adalah hasil kerja sama DailySocial dan TOYOTA sebagai bagian rangkaian kegiatan TOYOTA Fun/Code 2019

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Event
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…