Categories

Mobile

Seberapa Populer Apple Music Sejauh Ini?

Glenn Kaonang - 19 August 2015

Meski belum masuk ke Indonesia, fakta menyebutkan bahwa Spotify adalah layanan streaming musik paling populer sejagat. Saat Apple meluncurkan Apple Music akhir bulan Juli kemarin, tampak jelas bahwa tujuan mereka adalah bersaing langsung dengan Spotify.

Hampir dua bulan berselang, seberapa populerkah Apple Music di kalangan pengguna? Berdasarkan pengakuan Apple sendiri di awal bulan Agustus ini, sebanyak 11 juta orang sudah mendaftar dalam masa free-trial Apple Music. Angka ini masih terpaut jauh dari 20 juta pelanggan Spotify Premium, plus 50 juta lagi yang mendengarkan Spotify secara cuma-cuma.

Pertanyaan selanjutnya, dari 11 juta pengguna Apple Music tersebut, berapa persen yang menggunakannya secara reguler? Menurut klaim Apple sendiri, ada 79 persen yang menggunakan Apple Music secara aktif tiap minggunya. Namun Apple tampaknya belum bisa tersenyum lebar, karena berdasarkan survei yang diadakan MusicWatch, popularitas Apple Music rupanya tidak setinggi yang kita bayangkan.

Info menarik: Ketinggalan Siaran Langsung Beats 1? Manfaatkan Fitur Replay

Dalam menjalankan surveinya, MusicWatch melibatkan sekitar 5.000 pengguna Apple Music di Amerika Serikat. Di sini MusicWatch menyimpulkan bahwa ada 61 persen pengguna Apple Music yang sudah menonaktifkan opsi auto-renewal lewat pengaturan akunnya. Dengan kata lain, lebih dari separuh pengguna Apple Music di masa free-trial ini tampaknya belum bisa memastikan apakah mereka hendak lanjut berlangganan Apple Music atau tidak.

Terkait persaingan Apple Music dan rival-rivalnya, MusicWatch menyebutkan sejauh ini ada 28 persen pelanggan Spotify Premium yang juga menggunakan Apple Music, plus 11 persen pelanggan Spotify Free dan 6 persen pelanggan Pandora.

Pun demikian, kesimpulan pastinya masih harus menunggu masa free-trial Apple Music habis di akhir bulan September mendatang. Pada saat itulah kita baru bisa mengetahui seberapa banyak pengguna Apple Music yang akhirnya memutuskan untuk lanjut berlangganan. Dan lagi, kita masih menunggu Apple memenuhi janjinya untuk merilis Apple Music di Android.

Anda sendiri bagaimana? Apakah Anda juga termasuk salah satu yang menonaktifkan opsi auto-renewal Apple Music? Apakah Anda hendak lanjut berlangganan layanan streaming musik besutan Apple tersebut? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

Sumber: New York Post dan MusicWatch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter