Orang bijak pernah berkata, “Civilization IV adalah game terbaik dari semua seri Civilization.” Orang bijak yang dimaksud tentu saja adalah penggemar berat genre 4X (eXplore, eXpand, eXploit, eXterminate), yang dalam setahun belakangan sedikit terobati rasa kangennya oleh Civilization VI.

Kalau Anda termasuk salah satu dari penggemar Civilization IV, ada kabar menarik yang datang dari Mohawk Games, studio yang didirikan oleh Soren Johnson (lead designer Civ IV) dan Dorian Newcomb (art director Civ IV). Mereka sedang mengembangkan game 4X baru berjudul 10 Crowns.

10 Crowns

10 Crowns dideskripsikan sebagai game strategi bergaya turn-based yang mengangkat tema historis dalam skala epik. Tujuan utama yang harus dicapai para pemain nantinya adalah membangun dinasti terhebat di sepanjang sejarah dunia.

Sebagai veteran di genre 4X, Soren bersama timnya berjanji akan menghadirkan inovasi-inovasi radikal lewat 10 Crowns. Untuk sekarang, mereka baru bisa memamerkan sejumlah artwork untuk 10 Crowns, dan belum berani berbicara soal perkiraan jadwal rilisnya.

10 Crowns

10 Crowns nantinya akan diterbitkan oleh Starbreeze, yang kebetulan CEO-nya juga merupakan salah satu penggemar Civ IV. 10 Crowns bukanlah game pertama Mohawk, sebelumnya mereka pernah mengerjakan Offworld Trading Company yang ber-genre RTS dan mengangkat tema sci-fi. Namun kini Mohawk memutuskan untuk kembali ke akar spesialisasinya.

Melihat latar belakang pengembangnya, game ini punya potensi untuk menjadi suksesor tak langsung Civ IV, tapi mungkin tidak untuk menjegal kebesaran franchise Civilization di genre 4X. Untuk itu, Mohawk harus memperhatikan faktor lain, seperti misalnya platform yang didukung, sebab Civilization VI baru-baru ini juga meluncur ke iPad.

10 Crowns

Sumber: PC Gamer dan Mohawk Games.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.