1. Startup

Sedapur.com Resmi Diluncurkan

Sedapur.com, sebuah layanan e-commerce untuk makanan, hari ini resmi meluncurkan versi beta dari layanan mereka. DailySocial sudah pernah membahas layanan ini sekitar bulan Oktober 2010, saat itu, meski belum resmi diluncurkan, kami telah diberikan akses untuk melihat beberapa fasilitas yang disediakan Sedapur.com.

Secara singkat Sedapur bisa dijelaskan sebagai sebuah tempat (toko online) yang bisa digunakan oleh pengguna, dalam hal ini pedagang untuk menjual barang dagangan mereka berupa makanan pada para pengunjung yang bisa memesan dan membeli lewat situs Sedapur.com. Sebagai sebuah toko online, Sedapur dilengkapi dengan keranjang belanja dan sistem pengelolaan situs lalu administrasi keuangan serta kerumitan pengiriman. Saat ini Sedapur hanya mencakup area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, namun berencana untuk mengembangkan ke area lain.

Dari rilis yang diterima DailySocial, Jacky Lokan, co-founder dari PT Selaras Digital Sempurna menjelaskan bahwa, "Fokus kami adalah menghubungkan pelaku industri rumah tangga di bidang makanan dan minuman dengan pembeli, melalui penyediaan jasa yang memberikan nilai tambah bagi produk penjual. Hal ini lahir dari fakta bahwa banyak ibu-ibu rumah tangga yang memiliki produk makanan yang memiliki potensi nilai jual namun terhadang oleh permasalahan pemasaran, pengelolaan pembayaran, dan pengantaran”.

Pedagang kuliner yang tertarik untuk menjual berbagai makanan yang mereka buat bisa bergabung dan menjadi anggota Sedapur lewat situsnya, nantinya Sedapur akan melakukan proses verifikasi untuk menjaga kualitas sehingga pembeli bisa membeli makanan secara aman dan nyaman.

Kalau melihat tampilan serta beberapa fitur yang tersedia di situs mereka, hampir sama dengan yang ditampilkan di DailySocial pada artikel Sedapur sebelumnya. Anda bisa menjelajah makanan berdasarkan kategori produk yang terdiri dari makanan, minuman, bahan masakan atau Anda juga bisa menjelajah berdasarkan penjual. Baik informasi tentang makanan maupun penjual juga cukup lengkap, keterangan tentang makanan mulai dari harga, estimasi pengiriman serta detail lain ditampilkan ketiga pengguna melakukan klik pada produk makanan tertentu. Dan untuk informasi penjual, keterangan singkat tentang penjual termasuk produk yang mereka jual tersedia secara lengkap.

Fasilitas hover juga melengkapi proses jelajah cepat bagi para calon pembeli. Salah satu yang paling menyenangkan adalah tampilan foto. Sedapur menyediakan kualitas foto yang cukup baik untuk produk makanan, ini juga menjadi salah satu fasilitas yang disediakan Sedapur, karena selain menyediakan toko online, Sedapur juga menyediakan fasilitas konsultasi yang akan membantu nilai tambah produk, termasuk dari tampilan foto, liputan dan konsultasi pemasaran, yang disebutkan Sedapur sebagai menarasikan “rasa” dalam tulisan dan gambar.

Setelah menjelajah singkat, saya terus terang menyukai konsep dan tampilan Sedapur, memang agak cukup lama menunggu layanan ini rilis untuk publik, namun saya pikir, kualitas, jumlah pedagang / produk serta fasilitas yang ada tidak mengecewakan. Sayangnya saya mengalami kesulitan untuk mendaftar karena lokasi saya (Bandung) belum ada di daftar, saya mencoba mengisi asal namun tidak bisa. Sedapur sepertinya langsung mendapat pengunjung sejak pertama untuk memudahkan pengiriman, namun untuk pengguna yang berada di lokasi yang telah disediakan Sedapur, proses pilihan cukup dimudahkan.

Segmen makanan juga adalah peluang yang sangat besar, industri rumahan makanan yang memberikan peluang besar serta masyarakat kita yang memang doyan makan, belum lagi sepengetahuan saya (koreksi jika saya salah) masih sedikit atau bahkan hanya Sedapur yang menyediakan toko online secara khusus dengan menyasar para pedagang makanan, lengkap dengan segala fasilitas e-commerce.

Anda bisa langsung menuju situs mereka di Sedapur.com, silahkan menjelajah dan menahan lapar. :D Jangan lupa untuk menuliskan pendapat Anda pada kolom komentar tentang layanan Sedapur.com.

[English Version for this post]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again