1. Startup

Sedapur Menangkan Penghargaan Nokia Fellowship

Situs e-commerce khusus tentang jual beli makanan untuk usaha kecil, Sedapur.com, yang didirikan oleh Soegianto ternyata berhasil memenangkan Nokia Fellowship yang merupakan salah satu penghargaan dalam International Young Creative Enterpreneur 2011 di awal Juli lalu.

Soegianto berhak mendapatkan dana pengembangan IDR 200 juta. Nilai tersebut mendekati jumlah kebutuhan Sedapur yang dicantumkan di proposal bisnis untuk ajang ini yaitu IDR 232,2 juta. Soegianto sehari-harinya berprofesi sebagai konsultan Teknologi Informasi.

Soegianto berhasil menyisihkan enam finalis lainnya setelah melalui seleksi ketat yang diseleksi dari 227 aplikasi yang mendaftarkan diri. Yang menarik, dari tujuh finalis Nokia Fellowship ini, Sedapur adalah yang sudah berjalan dan merupakan satu-satunya startup teknologi. Ini bukti bahwa startup teknologi tidak lagi dipandang enteng, baik dari sisi solusi yang ditawarkan maupun eksekusinya. Tujuh finalis yang terpilih juga berkesempatan memdapatkan pelatihan bisnis tentang Business Plan Basic, Sales & Marketing, Taxes & Finance, Leadership, Operational Management dan Presentation Techniques.

Kami sempat membahas tentang Sedapur yang resmi diluncurkan bulan Mei lalu. Sudah terbuka untuk umum dalam bentuk public beta sejak November tahun lalu, Sedapur memiliki tampilan yang cukup menarik dan telah mencakup area seputaran Jabodetabek. Sedapur membuka kesempatan bagi pengusaha makanan dan minuman kecil yang selama ini mungkin kesulitan untuk menjual barang dagangannya ke area lebih luas untuk bisa mengembangkan pasarnya secara online. Tak hanya itu, Sedapur membantu solusi pengantaran dengan menyediakan jasa kurir yang reliable.

Menurut pendiri Sedapur yang lain, Jacky Lokan, fokus mereka adalah menghubungkan pelaku industri rumah tangga di bidang makanan dan minuman dengan pembeli, melalui penyediaan jasa yang memberikan nilai tambah bagi produk penjual. Hal ini lahir dari fakta bahwa banyak ibu-ibu rumah tangga yang memiliki produk makanan yang memiliki potensi nilai jual namun terhadang oleh permasalahan pemasaran, pengelolaan pembayaran, dan pengantaran.

Semoga dengan diperolehnya Nokia Fellowship ini, Sedapur dapat memperluas area pelayanannya ke daerah-daerah lain di Indonesia dan membantu berbagai pengusaha UKM untuk memanfaatkan potensi penjualan secara online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again