Categories

Gadget

Sederet Fitur Unggulan OPPO Reno4 dan Cara Menggunakannya

Mulai dari AI Color Portrait, AI Monochrome Video, hingga AON smart sensor

Lukman Azis - 13 August 2020

Belum lama ini, OPPO telah merilis Reno4 di Indonesia. Smartphone ini mengusung pembaruan yang sangat signifikan, tetapi dibanderol dengan harga lebih terjangkau yakni Rp4.999.000.

Sebelumnya, Dailysocial juga sudah banyak membahas OPPO Reno4. Dari mulai desain, kemampuan kameranya, perangkat keras yang digunakan, hingga fitur-fitur unggulannya.

Beberapa fitur unggulan OPPO Reno4 antara lain AI Color Portrait, AI Monochrome Video, 960fps smart slow-motion, night flare portrait, dan ultra steady video 3.0. Juga ada AON smart sensor dan OPPO LAB, dan diartikel ini saya akan mencoba menjelaskan cara memanfaatkan fitur-fitur tersebut.

AI Color Portrait

AI-Color-Portrait

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa bedanya dengan mode portrait standar? Lewat mode ini kita tidak hanya dapat menghasilkan foto portrait dengan latar belakang bokeh yang cantik, tetapi kita bisa lebih menonjolkan subjek yang tetap berwarna dengan latar belakang monokrom.

Untuk menggunakan AI Color Portrait, caranya buka aplikasi kamera, geser ke mode portrait, klik filter yang berada di sisi tengah atas, pilih filter portrait color retention, dan atur tingkat bokeh effect. Fitur AI Color Portrait juga tersedia pada kamera depan dan juga dapat diterapkan selama pengambilan video.

AI Monochrome Video

AI-Monochrome-Video

Fitur ini akan menyoroti warna-warna tertentu saja selama pembuatan video yaitu warna RGB. Misalnya kita bisa menonjolkan warna merah saja, maka semua warna lain yang ada di dalam frame akan dijadikan monokrom.

Untuk fitur AI Monochrome Video hanya tersedia di kamera belakang, caranya dari aplikasi kamera geser ke mode video, lalu klik filter, dan pilih filter sky blue menonjolkan warna biru, forest green untuk menampilkan warna hijau, dan crimson untuk memilih warna merah.

960fps Smart Slow-Motion

960fps-Smart-Slow-Motion

Mode high frame rate 960 fps ini berlaku pada resolusi 720p dan 480 fps pada resolusi 1080p. Saat memilih 960 fps, video 1 detik menjadi 10 detik. Contoh yang umum kita bisa memecah balon yang berisi air dan hasil video gerak lambarnya sangat epik. Fitur ini bisa ditemukan pada aplikasi kamera, kemudian pilih more dan Slo-Mo.

Night Flare Portrait

Night-Flare-Portrait

Fitur ini cocok digunakan saat jalan-jalan malam di kota. Night Flare Portrait ini mengombinasikan kemampuan fitur portrait mode dan night mode untuk menciptakan foto portrait di malam hari yang unik dengan efek flare dari bokeh lampu di latar belakang. Cara menggunakannya, masuk ke aplikasi kamera, geser ke mode portrait, dan pilih filter Night Flare Portrait.

Ultra Steady Video 3.0

Ultra-Steady-Video-3.0

Fitur Ultra Steady Video pada OPPO Reno4 telah disempurnakan dan pada generasi ketiga kini kompatibel dengan kamera depan. Fitur ini membantu kita menghasilkan video dengan gerakan mulus tanpa bantuan gimbal. Untuk mengaktifkannya, dari aplikasi kamera geser ke mode video, dan kita bisa mengaktifkan Ultra Steady lewat ikon kecil di sisi kiri atas.

AON Smart Sensor

Disamping kamera depan, OPPO menyemat sensor yang disebut AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention. Fitur perlindungan privasi ini akan menjaga pengguna dari penguntit.

AON Smart sensor akan mengidentifikasi apabila kamera menangkap keberadaan orang lain yang melihat ke arah layar. Ketika hal tersebut terjadi, OPPO Reno4 akan memberi sinyal dengan otomatis menutup bilah notifikasi dari isi pesan sebagai pertanda jika sedang ada yang mengintip layar penggunanya.

Fitur ini berguna untuk tetap menjaga privasi pengguna OPPO Reno4 saat berada di tempat umum seperti kantor dan transportasi massal seperti kereta, bis, dll. Untuk mengaktifkan fitur smart spying prevention pengguna harus meregistrasikan wajah melalui face unlock.

Caranya buka settings, pilih menu fingerprint, face & password, dan klik face dan daftarkan wajah kita. Setelah itu aktifkan opsi smart spying prevention, buka settings, pilih notification & status bar, manage notification, dan aktifkan opsi anti-peeping.

AON-Smart-Sensor

AON Smart sensor juga bisa dimanfaatkan untuk Smart AirControl, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tanpa menyentuh layar, hanya dengan gerakan tangan. Untuk menggunakannya, buka settings, pilih convenience tools, gestures & motions, air gestures, lalu aktifkan air answer untuk mengangkat panggilan telepon dan air scroll untuk menggeser layar aplikasi tanpa menyentuh.

Juga pastikan opsi pada aplikasi aktif, pilih “Learn gestures” pada layar untuk mempelajari pengoperasian fitur ini. Fitur ini sementara hanya bisa swipe ke atas dan ke bawah. Serta, baru dapat digunakan pada aplikasi tertentu; YouTube, Facebook, TikTok.

Super Power Saving Mode

Super-Power-Saving-Mode

OPPO Reno4 ini menjalankan ColorOS 7.2 berbasis Android 10 dan mendukung fitur yang dapat membuat perangkat dengan sisa baterai 5% untuk bertahan selama 90 menit untuk WhatsApp dan aplikasi navigasi. Untuk mengaktifkannya, masuk ke settings, battery, dan aktifkan Super Power Saving Mode. Sementara untuk menonaktifkannya, pada tampilan layar Super Power Saving Mode, pilih tombol keluar yang berada di sisi kiri atas layar dan pilih ‘Exit Super power saving mode’.

OPPO LAB

OPPO-LAB

OPPO LAB adalah aplikasi produktivitas yang memungkinkan pengguna OPPO Reno4 membuat nada dering pribadi dan terdapat mode yang membantu penggunanya memberi saran terhadap suatu pilihan. Kita harus masuk atau daftar akun HeyTap (OPPO Cloud) sebelum menggunakan aplikasi ini.

Untuk membuat ringtone sendiri, buka OPPO LAB. Kemudian pilih LAB ringtone, select sound, pilih nada dering yang akan diubah dari library, Klik customize, dan geser bola virtual di tengah layar ke koordinat nada sesuai keinginan.

Semakin ke atas, tempo semakin cepat; semakin ke kanan, dinamika semakin kompleks, terus klik generate. Untuk menggunakan ringtone buatan sendiri tersebut, buka OPPO LAB lagi. Pilih LAB ringtone, select sound, dan pilih nada dering yang akan digunakan dari my ringtones, terus klik set as ringtone dan profil penggunaan ringtone.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter