Categories

Gadget

Sedih, Google Photos Bakal Tidak Gratis Lagi Tahun 2021

Banyak yang mengandalkan service Google yang satu ini

Dimas Galih W. - 12 November 2020

Siapa yang tidak mengambil gambar setiap hari melalui smartphone-nya? Mungkin hanya sedikit yang tidak melakukan hal tersebut. Bagi yang melakukan, tentu saja banyak momen indah yang tertangkap dan tidak akan dilupakan. Namun semakin banyak foto yang diambil, tentu saja akan memakan ruang penyimpanan pada smartphone.

Untuk menanggulangi hal tersebut, lima tahun lalu Google mempersembahkan layanan mereka yang bernama Google Photos. Dengan Google Photos, semua orang bisa mendapatkan ruang penyimpanan foto dan video tidak terbatas dengan memilih opsi High Quality. Semua foto dan video bisa disimpan secara gratis…. setidaknya sampai tanggal 1 Juni 2021 mendatang.

Hari ini secara mengejutkan Google mengirimkan pesan kepada semua pengguna Google Photos. Google mengatakan bahwa mulai tangga 1 Juni 2021, semua foto dan video baru yang di-upload ke Google Photos akan dihitung dalam total penyimpanan gratis sebanyak 15 GB per akun Google. Hal tersebut berarti foto dan video baru yang ditaruh pada cloud Google tersebut akan bergabung dengan Gmail dan Google Drive.

Google Photos sendiri sudah meneyimpan lebih dari 4 triliun foto dan video. Per minggunya, ada sekitar 28 milyar foto dan video baru yang di-upload ke layanan gratis ini. Google sendiri mengatakan bahwa langkah yang diambil ini dilakukan guna membangun Google Photos untuk masa depan. Hal ini juga diambil karena Google berkomitmen untuk tidak menggunakan informasi pada Google Photos untuk tujuan periklanan.

Lalu bagaimana dengan foto dan video yang sudah diunggah sebelum tanggal 1 Juni 2021? Untungnya semuanya tidak akan mengambil ruang 15 GB yang sudah diberikan oleh Google. Namun, hal ini tidak berlaku untuk mereka yang memiliki smartphone Google Pixel 1 sampai 5. Mereka masih tetap akan mendapatkan layanan gratis tersebut setelah tanggal 1 Juni 2021.

Storage_Estimation_Static.max-1000x1000

Setiap perubahan pada layanan Google sudah pasti akan memengaruhi para penggunanya. Oleh karena itu pada bulan Juni 2021, pengguna akan mendapatkan fitur baru di aplikasi Foto untuk mengelola foto dan video yang sudah di-backup. Hal ini juga akan membuat penggunanya agar sadar jika ruang penyimpanan 15 GB dari Google tersebut akan penuh.

Jika ruang 15 GB tidak mencukupi kebutuhan penyimpanan data dari GMail, Drive, dan Photos, Google juga menyediakan pilihan berbayar. Metode ini berbentuk langganan, di mana para pengguna akan membayar tiap bulan sesuai dengan paket yang dipilih.

Sedih rasanya mendengar bahwa layanan ini tidak lagi gratis. Saya sendiri hampir setiap hari melakukan penyimpanan foto dan video ke Google Photos agar momen penting tidak hilang. Pilihan untuk menggunakan perangkat eksternal memang ada, namun setiap kerusakan tentu akan membuat kenangan yang kita miliki akan hilang selamanya.

Saya juga menyarankan bagi Anda yang memiliki banyak foto dan video kenangan, seperti kelahiran bayi, momen bersama keluarga, dan lain sebagainya untuk di-upload mulai dari hari ini. Masih ada waktu lebih dari enam bulan untuk menyimpan semua kenangan secara gratis. Setelah itu, pilihannya adalah membayar atau membersihkan email dari Gmail dan file dari Drive Anda. Atau, Anda juga bisa membeli sebuah smartphone Google Pixel agar masih bisa merasakan layanan gratis tersebut.

Sumber dan gambar: Google

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter