Interview

Fokuskan Kepuasan Pengguna, Seekmi Rampingkan Kategori Penyedia Jasa

Hanya menyediakan tiga layanan utama: laundry, asisten rumah tangga, dan perbaikan AC; berencana melakukan eskpansi ke kota lain tahun ini

Akhir tahun 2016 lalu ada yang berbeda dari situs dan aplikasi marketplace jasa Seekmi. Selain tampilan yang lebih minimalis, Seekmi juga mengurangi beberapa penyedia jasa yang sebelumnya sempat tersedia seperti perbaikan rumah, tukang dan lainnya. Saat ini Seekmi hanya menyediakan tiga layanan diantaranya adalah laundry, perbaikan AC dan asisten rumah tangga.

“Pengurangan dilakukan bukan karena ingin membatasi pilihan penyedia jasa, namun lebih kepada penyediaan layanan yang lebih baik dalam hal kemampuan dan pengalaman dari mitra kami di Seekmi,” kata CEO Seekmi Clarissa Leung kepada DailySocial.

Sebagai salah satu startup yang menghadirkan layanan penyedia jasa di Indonesia, Seekmi menyadari tidak mudah untuk menemukan mitra yang ideal, dalam arti memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup di bidangnya.

Selama ini sudah banyak pemain lainnya, seperti Beres.id, Ahlijasa, dan Sejasa yang mencoba menghadirkan layanan yang beragam, namun masih kesulitan menemukan vendor yang ideal.

“Karena alasan itulah akhirnya kami memutuskan untuk mengumpulkan mitra terbaik, meningkatkan kualitas menjaadi premium untuk semua mitra kami. Diharapkan dapat memberikan layanan yang terbaik untuk pengguna,” kata Clarissa.

Clarissa menambahkan untuk ke depannya jika memang ada permintaan dari pengguna terhadap penyedia jasa tertentu dan Seekmi telah menemukan mitra yang sesuai dengan standar dari Seekmi, tidak menutup kemungkinan penyedia jasa lainnya akan ditambahkan.

Mengedepankan kepuasan pengguna

Salah satu pendekatan berbeda yang diterapkan oleh Seekmi adalah penanganan layanan pelanggan kepada pengguna. Jika layanan lain mengedepankan aplikasi mobile dengan fitur In-App Message, Seekmi justru lebih banyak memanfaatkan layanan pelanggan langsung yang akan menghubungi calon pengguna ketika permintaan didaftarkan.

“Sebelumnya kami telah melakukan sistem secara online, artinya mengandalkan pesan yang ada dalam aplikasi untuk konfirmasi dan komunikasi lebih lanjut. Namun kebiasaan pengguna di Indonesia lebih senang untuk dilayani langsung yaitu dihubungi oleh tim layanan pelanggan,” kata Clarissa.

Lokalisasi tersebut yang kemudian diterapkan oleh Seekmi untuk bisa menjangkau lebih banyak pengguna sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk memberikan kenyamanan dan valiadsi kepada semua mitra terpilih dari Seekmi, layanan premium yang kemudian di perkenalkan juga mencakup pemberian seragam kepada masing-masing mitra ketika sedang melakukan pekerjaan di rumah atau tempat tinggal pengguna.

“Selama ini kami telah membina hubungan baik dengan beberapa mitra dan seterusnya akan menjaring lebih banyak lagi mitra yag sesuai dengan standar dari Seekmi,” kata Clarissa.

Disinggung tentang berapa jumlah mitra dan pengguna Seekmi hingga akhir tahun 2016, Clarissa enggan memberikan informasi detil dan mengklaim Seekmi terus mengalami peningkatan jumlah pengguna dan mitra secara signifikan.

Rencana Seekmi kuartal pertama 2017

Di awal tahun 2017 ini masih banyak rencana yang akan dilancarkan oleh Seekmi, diantaranya adalah melakukan ekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Selain itu Seekmi juga berencana untuk menambah penyedia jasa lainnya yang dibutuhkan oleh pengguna.

“Tentunya kami akan memastikan bahwa penyedia jasa tersebut merupakan mitra kami yang terbaik dan bisa memberikan layanan yang memuaskan kepada para pengguna, bukan sekedar penyedia jasa biasa yang tidak memberikan impact positif kepada pengguna Seekmi,” pungkas Clarissa.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter