Categories

Berita

Seesmic Luncurkan Aplikasi Desktop Terbaru

Wiku Baskoro - 13 September 2010

Seesmic meluncurkan versi terbaru dari aplikasi desktop mereka, Seesmic Desktop 2. Seesmic merupakan salah satu aplikasi yang pada awalnya merupakan Twitter client yang kini berkembang menjadi social media dashboard/social client, dimana pengguna bisa pengguna bisa mengelola beberapa akun jejaring sosial dalam satu 'meja kerja'.

Sampai saat ini Seesmic secara default telah menyediakan layanan utama seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Foursquare, Google Buzz, Ping.fm, Bit.ly dan Twitpic. Namun dengan rilis Seesmic Desktop 2 ini, ada tambahan fasilitas yang diberikan Seesmic, yang dikembangkan karena Seesmic berpendapat bahwa pengguna mereka menginginkan dukungan untuk berbagai layanan sosial yang berbeda, tidak hanya berpusat pada tiga layanan yang cukup populer, seperti Twitter, Facebook dan LinkedIn.

Seesmic Desktop 2 (SD2) menyediakan apa yang disebutkan sebagai SD2 Plugin Marketplace, dimana ada sekitar 40 plugin (dan akan terus bertambah), yang bisa dipilih oleh pengguna Seesmic. Beberapa plugin yang telah tersedia sekarang antara lain Topsy, Klout, MySpace, Fromspring, OneRiot, Techmeme, Google Reader, dll.

Seesmic Desktop 2 ini tersedia bagi para pengguna Windows dan Mac, lewat teknologi Silverlight. Ketika Anda telah mengunduh dan melakukan instalasi Seesmic Desktop 2, setelah sebelumnya mengunduh Microsoft Silverlight, nantinya pada pilihan pengaturan akan ada pilihan untuk menambahkan plugin yang Anda sukai, atau Anda bisa mengunjugi halaman web marketplace Seesmic dan memilih plugin di situs ini.

Pastikan Seesmic Desktop 2 Anda menyala, maka nanti akan ada tuntunan pilihan untuk melakukan instalasi, Anda harus melakukan restart sebelum plugin yang Anda unduh bisa digunakan di SD2. Seesmic juga menyediakan peluang bagi para pengembang untuk membuat plugin mereka sendiri dan mendaftarkannya di Seesmic Marketplace.

Seperti yang dituliskan GigaOm, Seesmic bersaing dengan berbagai layanan serupa seperti TweetDeck, HootSuite, Echofon, dll. Belum lagi Twitter sendiri yang kini mulai menutup satu persatu 'lubang' yang sekarang diisi oleh pengembang pihak ketiga.

Namun dengan adanya plugin marketplace ini Seesmic bisa berada di depan layanan lain, setidaknya untuk saat ini, salah satu alasannya karena memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi aktivitas stream mereka dengan cara yang menarik.

Marketplace juga yang membuat saya tertarik untuk kembali mencoba Seesmic setelah saya menjadi pengguna setia HootSuite, memilih berbagai plugin yang cocok untuk kepentingan pribadi dan menjadikan social media dashboard saya sangat personal memang menarik, namun saya harus setuju dengan pendapat di artikel GigaOm, dibeberapa bagian tampilan window dari SD2 ini terlalu kecil, selain itu ada beberapa fasilitas unggulan yang telah dimiliki HootSuite dan sekarang TweetDeck, seperti schedule tweet yang sangat berguna tidak terdapat di Seesmic, fasilitas RSS yang dimiliki HootSuite juga tidak ada di Seesmic.

Namun untuk pengalaman interface lainnya seperti mengubah tampilan warna latar belakang serta efek gradasi dari desain serta dropdownmenu yang terdapat di dashboard bagian kiri, termasuk untuk daftar Twitter List, bisa membuat saya untuk berlama-lama menggunakan aplikasi Seesmic terbaru ini. Untuk stream dari akun Twitter, Seesmic juga menyediakan fasilitas yang secara langsung menampilkan gambar yang di tweet oleh pengguna lain.

Bagi Anda yang tertarik bisa melihat pengumuman lengkapnya di tautan ini, termasuk keterangan bagi para pengembang, dan melihat penjelasan singkat video di bawah ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter