26 July 2016

by Yoga Wisesa

Sega Mega Drive Mini dan Handheld Siap Tandingi Miniatur Nintendo NES

Sega Mega Drive mini dan handheld dibekali 80 judul permainan build-in, kemampuan ekspansi via kartu memori, serta slot cartridge orisinil.

Saat diumumkan, NES Classic Edition membuat para gamer veteran tersenyum bahagia. Console ini membawa segala macam hal yang diidamkan pecinta permainan retro, dari mulai game-game legendaris hingga penampilan klasik. Tapi tanpa dukungan internet dan ekspansi penyimpanan, miniatur NES itu memang terasa terbatas. Kabar baiknya, sang rival punya alternatif yang tak kalah menarik.

Masih di momen perayaan ulang tahun Sonic the Hedgehog ke-25, perusahaan Jepang yang dulu pernah berduel sengit dengan Nintendo di era perang console 16-bit menyingkap rencana untuk merilis versi baru dari Sega Genesis - atau Mega Drive di luar kawasan Amerika Serikat. Perangkat hadir dalam tua pilihan model, yaitu sistem console berukuran mungil 'Classic Game Console' dan wujud handheld 'Ultimate Portable Game Player'.

Sejumlah aspek membuat Sega Mega Drive anyar itu lebih unggul dibanding NES Classic. Pertama, ketika hardware 'modern-klasik' Nintendo hanya menyimpan 30 permainan, console Sega ini dibekali 80 game build-in. Dan jika kebetulan Anda masih menyimpan koleksi cartridge, varian Classic Game Console Mega Drive juga dibekali port orisinil sehingga kita bisa menikmati kembali permainan-permainan lawas tersebut.

Kemudian tak seperti NES mini, produsen turut menyediakan opsi untuk memperluas penyimpanan internalnya. Memang belum diinformasikan lebih rinci seberapa besar kapasitas storage dari console, tapi ekspansi tampaknya bisa dilakukan dengan menambahkan kartu SD. Lalu ketika 80 game tersebut belum mampu memuaskan dahaga retro Anda, Anda dapat men-download permainan-permainan lain dari internet. Sebagai tambahan, kita juga disajikan fitur USB charging.

Bundel Sega Mega Drive Classic Game Console disertai dua unit controller wireless 'plugandplay' dengan desain yang khas - bertubuh seperti kacang, memiliki D-pad, enam action button dan sepasang tombol menu/start.

Sega Mega Drive Ultimate Portable Game Player.

Tipe Ultimate Portable Game Player menyuguhkan konten serupa versi console mini Mega Drive, tetapi tentu saja tanpa gamepad tambahan dan tidak dapat disambungkan ke televisi. Device menyuguhkan layar LCD seluas 3,2-inci, baterai build-in yang di-charge dengan kabel USB, port kartu SD, serta mendukung file berformat .BIN dan .SMD.

Berbeda dari NES Classic Edition yang betul-betul diproduksi Nintendo, kedua hardware Mega Drive ini tidak diciptakan langsung oleh Sega. Perusahaan gaming Jepang itu memberikan lisensi pada tim Tiongkok, At Games.

Sega Mega Drive Classic Game Console dan Ultimate Portable Game Player dijajakan seharga US$ 65. Pre-order telah dibuka di situs FunStockRetro, dan segera dirilis di bulan Oktober 2016 nanti.

Via GamesRadar.