10 September 2018

by Yoga Wisesa

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Nintendo Switch Online

Termasuk alasan Nintendo mengapa fitur Save Data Cloud tidak diimplementasikan ke seluruh permainan.

Mulusnya penyajian Xbox Live dan PlayStation Network sudah lama mendorong Nintendo untuk menciptakan platform online serupa buat mendukung consolegame mereka. Upaya Nintendo dimulai dengan penyediaan Wi-Fi Connection, namun baru lewat Nintendo Network mereka betul-betul fokus pada penyediaan platform. Menariknya, Switch malah tidak ditunjang oleh layanan itu.

Dukungan untuk Switch dari sisi online tentu saja telah Nintendo siapkan. Di bulan Mei, sang perusahaan hiburan asal Jepang itu menyingkap detail lebih jauh terkait Nintendo Switch Online, yaitu layanan multi-fitur yang mempersilakan pelanggan menikmati mode multiplayer online, mengakses permainan-permainan klasik, serta mem-backup progres game di cloud.

Koleksi permainan klasik merupakan salah satu fitur andalan di Nintendo Switch Online. Di momen peluncurannya, layanan ini menawarkan tidak kurang dari 20 judul Nintendo Entertainment System, di antaranya ialah Balloon Fight, Dr. Mario, Super Mario Bros. 3, Donkey Kong, Ice Climber, The Legend of Zelda, Mario Bros., Soccer, Super Mario Bros. dan Tennis.

Kata Nintendo, ini pertama kalinya pengguna Switch bisa menikmati game-game lawas di console hybrid tersebut. Di sana, mereka juga diperkenankan mengakses mode multiplayer kompetitif maupun kooperatif. Selain itu, tiap game turut ditunjang fitur voice chat via aplikasi mobile Nintendo Switch Online.

Kapabilitas unggulan selanjutnya yang dihadirkan oleh Nintendo Switch Online adalah sistem backup cloud untuk file save game. Namun perlu diketahui bahwa fitur ini tidak diimplementasikan ke semua permainan, baik first-party maupun kreasi-kreasi developer pihak ketiga. Game-game yang tak ditopang cloud save meliputi:

  • Pokemon Let's Go Pikachu
  • Pokemon Let's Go Eevee
  • Dark Souls Remastered
  • Dead Cells
  • FIFA 19
  • NBA 2K19
  • NBA Playgrounds

Via Arstechnica, Nintendo menjelaskan bahwa alasan mereka tidak menerapkan cloud backup di seluruh judul game adalah buat mencegak tindakan kecurangan. Misalnya, mendapatkan kembali item yang sebetulnya sudah diberikan ke pemain lain, atau me-load status terdahulu ketika pemain kalah dalam pertandingan multiplayer ranked. Nintendo tak mau backup 'Save Data Cloud' disalahgunakan.

Berlangganan Nintendo Switch Online merupakan sebuah keharusan jika Anda ingin memperoleh dukungan penuh fitur-fitur online untuk game seperti Splatoon 2, Mario Kart 8 Deluxe, ARMS, Mario Tennis Aces serta Sushi Striker: The Way of Sushido. Kabar baiknya, biaya berlangganan NSO cukup terjangkau, berikut detail harganya:

  • Satu bulan: $ 4
  • Tiga bulan: $ 8
  • 12 bulan: $ 20
  • Family membership selama setahun: $ 35, bisa diakses oleh maksimal delapan anggota keluarga.

Layanan Nintendo Switch Online meluncur di bulan September 2018 ini.