Categories

Opini

Segera Hadir: Presentonomics.com

Wiku Baskoro - 24 September 2010

Presentasi adalah bagian yang penting bagi para startup, terutama ketika startup melakukan pitch, baik itu dihadapan penonton, investor bahkan teman sendiri. Beberapa kali menghadiri pitch atau peresentasi para startup masih banyak yang bisa diperbaiki baik dari sisi slide maupun tentang konten yang mereka jelaskan.

Nah, akan segera hadir sebuah startup yang bisa membantu para startup lain dengan menyediakan berbagai layanan yang berhubungan dengan presentasi, perkenalkan Presentonomics.com, sebuah startup yang situsnya dikabarkan akan rilis tanggal 30 September ini.

Meski tidak sepenuhnya berbasis web, namun kalau melihat rencana layanan yang akan mereka tawarkan, Presentonomics bisa jadi akan sangat membantu para startup untuk urusan presentasi. DailySocial mendapatkan screenshot untuk tampilan situs mereka beserta penjelasan dari founder Presentonomics, Bernadus Sumartok tentang apa yang akan ditawarkan serta rencana pengembangan dan monetisasi layanan ini.

Layanan yang memiliki tagline "Great Presentation, Sells Everything" ini dikembangkan berdasarkan pengalaman yang dihadapi pendirinya dan kini mulai dirintis sebagai sebuah startup, dijelaskan juga oleh mas Sumartok, Presentonomics didirikan dengan sebuah visi, 'membuat Indonesia lebih punya nilai jual dengan kemampuan presentasi yang mumpuni, sehingga bisa menjadi world class presenter.'

Layanan apa yang mereka berikan? Setidaknya ada lima layanan yang telah dipersiapkan oleh Presentonomics.com, layanan itu antara lain:

1.  Training & Workshop (Training bisa in house atapun sifatnya reguler yang akan segera tersedia). 2.  Presentation Studio (Jasa design slide presentasi, tidak akan terlalu banyak fokus disini, tetapi akan tetap menerima tawaran). 3.  Presentonomics Club (forum sharing presentasi gratis yang diadakan di fPod, gratis, semua boleh ikut, tidak hanya berbagi saja tetapi juga belajar bersama, bedah studi kasus presentasi. Setiap orang akan mendapat kesempatan untuk presentasi). 4.  Seminar (sedang direncanakan seminar setiap 3 bulan, yang sekaligus menjadi tempat sebagai gathering akbar dari Presentonomics Club).

5.  E-Learning (ini yang akan ada di websitewww.presentonomics.com nanti, bisa unduh e-books, podcast, mulai dari gratis sampai berbayar).

Situs mereka juga akan dikembangkan dengan sistem User Generated Content, dan mengundang partisipasi bagi siapa saja yang ingin menjadi kontributor dari berbagai kegiatan yang akan diadakan di web mereka, seperti menulis, atau membagikan hasil karya presentasi para partisipan pada fasilitas Slide Deck.

Jika Anda memperhatikan rancangan tampilan situs mereka, Anda mungkin teringat pada sebuah situs lokal yang berisi tutorial serta konten yang berhubungan dengan desain grafis, Jurusgrafis.com milik Richard Fang, Anda tidak salah, karena desain situs Presentonimics memang dibantu pengembangannya oleh Richard Fang, sedangkan untuk pengembangan situs dikerjakan oleh Fikri Rasyid, blogger-developer yang juga memiliki situs blog aktif Bloggingly.com.

Untuk persaingan, mas Sumartok menjelaskan bahwa mereka tidak akan menjadi seperti penyedia layanan presentasi lain yang telah ada seperti SlideShare atau Scribd, 'namun lebih tepat jika dibandingkan dengan Envato.com, dimana business model-nya freemium content, mulai dari tips di nettuts ataupun marketplaceThemeforest.com', dengan fokus pada presentasi.

Untuk masalah monetisasi, selain dari layanan yang telah disebutkan diatas, Presentonomics juga akan tetap menempatkan porsi iklan pada layanan mereka, namun bukan di website, meski tidak dijelaskan lebih lanjut, tetapi sepertinya mereka akan 'menempelkan' iklan pada slide presentasi gratis serta konten yang bisa diunduh.

Presentonomics juga berencana untuk mengembangkan layanan mereka yang bisa digunakan pada iPad, meski untuk hal ini mereka masih mencari dana atau investor yang tertarik.

Melihat dari tampilan dan rencana yang mereka jelaskan, sepertinya kehadiran Presentonomics cukup layak untuk dinantikan serta dilihat perkembangan selanjutnya, dan sebagai 'penggemar' aplikasi berbasis web, semoga saja layanan web mereka akan menyediakan banyak fitur, termasuk untuk melihat berbagai slide yang telah dikirimkan oleh pengguna mereka.

Untuk para pembaca yang tertarik, Anda bisa menunggu minggu depan, karena situs mereka kini telah masuk dalam tahap penyelesaian dan kalau tidak ada halangan akan rilis minggu depan, tentu saja DailySocial akan membahas lebih lanjut tentang layanan ini, jadi tunggu info berikutnya di DailySocial.

Anda yang ingin mengajukan pertanyaan atau menjadi kontributor bisa mengirimkan email ke contribute@presentonomics.com atau ikuti akun Twitter mereka di @presentonomics atau @sumartok.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter