StartupGadget

Segera Miliki Robot Mecha Raksasa Kuratas, Cuma Ada Satu di Dunia

Sudah sejak dulu orang bermimpi tentang robot, namun istilah mecha sendiri dipopulerkan oleh anime dan manga Jepang. Mecha diambil dari kata 'mechanical', mengacu pada mesin raksasa yang dikendalikan manusia. Meski berawal dari fiksi, hal tersebut tidak menghentikan orang untuk membuatnya. Andai mecha ialah impian Anda, sebuah unit telah siap dimiliki.

Diberi nama Kuratas, robot raksasa buatan Suidobashi Heavy Industry ini sebenarnya mulai dirakit semenjak 2012, bahkan sempat muncul secara online dan masuk ke acara TV. Mungkin Anda telah lama menanti Kuratas, dan berita baiknya, mecha mulai dijual di situs Amazon Jepang. Sediakan saja uang yang banyak, dan persiapkan mental menghadapi kompetisi serius karena cuma ada satu unit Kuratas di dunia.

Berdasarkan spesifikasi di laman Amazon, Kuratas mempunyai bobot sekitar 5 ton dan berdiri setinggi 3,8 meter. Penampilannya sangat meyakinkan, seolah-olah diadopsi langsung dari anime atau video game. Dari dalam kokpit via layar sentuh, Anda dapat mengontrol arah tubuh hingga menggerakkan lengan robot satu per satu. Hebatnya lagi, Kuratas bisa dikendalikan melalui remote control di jaringan 3G.

Kuratas bergerak dengan empat buah kaki beroda. Namun jangan bayangkan kaki-kaki tersebut mampu melangkah layaknya robot cheetah buatan tim MIT. Pergerakannya bertumpu pada mekanisme roda - seperti mobil. Ia melesat di kecepatan 10 kilometer per jam, memanfaatkan mesin diesel, dan dapat dikendarai di posisi tinggi maupun rendah. Saat berdiri tinggi, sudut pandang 'pilot' akan lebih baik.

 

Info menarik: Seorang Ayah Membuat Robot Mecha Untuk Putrinya

 

Dalam video presentasi di tahun 2012, Suidobashi Heavy Industry menjanjikan beberapa fitur persenjataan canggih. Pertama adalah Lohas Launcher, senjata peluncur botol air a la rudal Hellfire, dedesain agar 'ramah lingkungan dan aman bagi manusia'. Lalu ada Gatling Gun ganda berpeluru BB plastik, diaktifkan dengan tersenyum dan menembakkan 6.000 peluru per menit. Sesudah menentukan target, senjata akan menguncinya kemanapun ia pergi.

Jika di masa kecil, Anda sering (atau mungkin masih) menyaksikan film Gundam, Patlabor atau bermain MechWarrior, Kuratas merupakan jelmaan nyata mimpi Anda. Sayangnya fitur-fitur tersebut sama sekali tidak disebutkan di websiteAmazon, dan tampaknya lengan dan pernak-pernik lain dijual terpisah. Padahal satu unit Kuratas dijual sangat mahal, seharga ¥ 120 juta atau sekitar US$ 1 juta. Distribusi juga terbatas di wilayah Kyoto, dan Anda harus merakitnya sendiri.

Kuratas diambil dari nama pencipta proyeknya, Kogoro Kurata, seorang pandai besi dan seniman. Kurata menyebut mecha ini sebagai mainan. Jika memang begitu, maka Kuratas boleh dibilang mainan paling mahal dan paling besar yang pernah dibuat.

Sumber: CNET & Sudobashijuo.jp.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again