1. Entrepreneur

Seberapa Penting Segmentasi Audience bagi Kesuksesan Pemasaran Suatu Produk?

Mengenal Segmentasi Audience untuk Kesuksesan Pemasaran Produk

Kelancaran pemasaran suatu produk tidak semata-mata ditentukan oleh kualitas produk saja. Banyak unsur lain yang mendorong kesuksesan tersebut, termasuk riset pasar, segmentasi audience, strategi pemasaran, dan unsur lainnya.

Pelaku bisnis harus cermat dalam memperhatikan setiap unsur yang mendorong kesuksesan bisnisnya. Karenanya, tidak ada unsur yang tidak penting karena setiap unsur akan berpengaruh terhadap kesuksesan pemasaran. Berikut kami sajikan informasi yang akan membantu Anda memahami segmentasi audience. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Mengenal Segmentasi Audience

Segmentasi audience merupakan kegiatan mengenali dan mengelompokkan target audience menjadi beberapa kelompok kecil sesuai kriteria.

Pengelompokkan audience tersebut dilakukan berdasarkan kategori tertentu yang akan membantu Anda mengenali karakterisik audience Anda. Anda bisa melakukan kategorisasi berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, ekonomi, ketertarikan, atau kategorisasi lainnya.

Dengan mengenali audience, Anda akan lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi setiap keompok audience.

Seberapa Penting Segmentasi Audience dalam Pemasaran?

Pelaku bisnis mungkin ingin menjangkau lebih banyak audience sehingga tidak melakukan segmentasi audience dan melakukan strategi pemasaran umum yang bisa menjangkau seluruh audience. Namun, hal itu justru bisa jadi tidak efektif.

Setiap audience memiiki karakteristik berbeda sehingga membutuhkan pendekatan yang berbeda pula. Jadi, segmentasi audience penting untuk membantu tim marketing dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat bagi setiap kelompok audience.

Strategi pemasaran yang tepat akan mendorong terciptanya kedekatan dan hubungan yang kuat antara brand dengan audience sehingga diharapkan bisa meningkatkan conversion rate dan loyalitas audience terhadap suatu produk.

Jenis-jenis Segmentasi Audience

  • Segmentasi Demografis

Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, status pernikahan, suku, agama, dan bahasa yang digunakan.

  • Segmentasi Geografis

Pengelompokkan audience jenis ini memperhatikan aspek lokasi, misalnya wilayah perkotaan, pedesaan, iklim wilayah tersebut, dan negara.

  • Segmentasi Behavioral

Segmentasi jenis behavioral mengelompokkan audience berdasarkan perilaku mereka, hobi, kebiasaan, dan pola tertentu. Misalnya seperti apa perilaku calon audience, bagaimana pola belanja mereka, produk apa yang paling mereka minati, apa alasan mereka memutuskan pembelian atas suatu produk dan seberapa sering mereka membeli atau menggunakan produk tersebut.

  • Segmentasi Psikografis

Aspek psikografis dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup calon audience, misalnya tingkat pendapatan dan status ekonomi mereka. Hal ini akan membantu pelaku bisnis, bukan hanya dalam menyusun strategi pemasaran, tetapi juga dalam menetapkan harga atas suatu produk.

Lalu, Bagaimana Cara Melakukan Segmentasi Audience?

  • Tentukan target audience

Penting untuk melakukan riset guna menentukan target potensial audience untuk kemudian dikelompokkan berdasarkan karakteristik yang lebih spesifik di tahap segmentasi audience.

Market research dilakukan tidak hanya untuk mengetahui kondisi pasar, tetapi juga mengetahui kompetitor dari bisnis atau produk serupa.

Di era digital, banyak tools marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu kelancaran bisnis Anda. Misalnya google analytics, google trend, media social insight, atau berbagai tools digital lainnya. Tools digital akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih praktis dan efektif.

Demikian pembahasan mengenai segmentasi audience ini. Dengan melakukan segmentasi audience, Anda akan mencapai target pasar dan target konsumen yang tepat sehingga Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat pula.

Strategi pemasaran yang tepat akan menarik konsumen untuk melakukan transaksi. Dengan begitu, akan tercipta engagementdan loyalitas dari pelanggan terhadap suatu produk yang akan mendorong peningkatan penjualan. Selain segmentasi audience, tentunya masih banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk menyukseskan strategi pemasaran Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again