Categories

Home Appliance

Segway Navimow Ialah Robot Pemotong Rumput Pintar Berbekal GPS

Tidak seperti kebanyakan robot pemotong rumput lain, Segway Navimow tidak membutuhkan bantuan kabel pembatas agar tidak keluar dari area tugasnya

Glenn Kaonang - 6 September 2021

Perlahan tapi pasti, Segway terus mengeksplorasi industri robotik dan menambah variasi produknya semenjak diakuisisi oleh Ninebot di tahun 2015. Yang terbaru, mereka resmi memasuki kategori robot pemotong rumput lewat perangkat bernama Segway Navimow.

Kita di Indonesia mungkin kurang begitu familier dengan kategori produk ini, tapi yang pasti di luar sana sebenarnya sudah banyak beredar robot pemotong rumput. Yang membedakan robot milik Segway ini adalah tingkat kecerdasannya.

Tidak seperti kebanyakan robot pemotong rumput lain, Navimow tidak membutuhkan bantuan kabel pembatas agar tidak keluar dari area tugasnya. Sebagai gantinya, Navimow memanfaatkan Exact Fusion Locating System, yang pada dasarnya merupakan kombinasi GPS dan beragam sensor lainnya.

Pengguna bisa menentukan area tugas Navimow, menetapkan perimeter virtual, serta menginstruksikan Navimow untuk menghindari bagian-bagian tertentu lewat aplikasi pendampingnya di smartphone. Segway mengklaim teknologi positioning Navimow tidak akan meleset sampai lebih dari 2 cm, dan kalaupun sinyal GPS-nya melemah, ia tetap bisa diandalkan berkat deretan sensor yang tertanam.

Sebelum bertugas, Navimow akan merencanakan rute pemotongan yang paling efisien terlebih dulu sehingga ia tidak perlu melewati jalur yang sama sebanyak dua kali. Lalu selagi sibuk memotong rumput, Navimow bisa berhenti secara otomatis apabila ia mendeteksi ada anak-anak atau hewan peliharaan di dekatnya.

Di angka 54 desibel dan dalam konteks mesin pemotong rumput, suara yang dihasilkan Navimow relatif tidak berisik. Ia mampu menanjak dengan sudut kemiringan maksimum 45°, dan fisiknya secara keseluruhan tahan air dengan sertifikasi IPX6.

Saat baterainya kritis, Navimow akan menghampiri charging station-nya secara otomatis. Usai terisi penuh, ia akan melanjutkan tugasnya dari titik terakhir yang ia tinggalkan sebelumnya. Daya tahan baterainya sendiri berbeda-beda tergantung varian yang dipilih oleh konsumen.

Di dataran Eropa, Segway akan segera memasarkan empat model: Navimow H500E seharga €1.199, Navimow H800E seharga €1.499, Navimow H1500E seharga €1.999, dan Navimow H3000E seharga €2.499. Angka pada masing-masing nama modelnya merujuk pada seberapa luas lahan yang bisa di-cover sebelum baterainya kehabisan daya; apakah 500 m², 800 m², 1.500 m², atau 3.000 m².

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter