Categories

Gadget

Sejumlah Info Baru Mengenai Nintendo NX Terkuak

Yoga Wisesa - 19 October 2015

Pokemon Go bukanlah satu-satunya manuver Nintendo menginvasi ranah perangkat bergerak. Raksasa gaming asal Kyoto itu dahulu sempat mengungkap kolaborasi bersama DeNA untuk mulai menggarap permainan mobile, dan di momentum yang sama, mereka mengumumkan sebuah 'platform game berkonsep baru'. Sejauh ini, kita hanya mengenalnya dengan nama NX.

Selain laporan sumber anonim, keberadaan NX boleh dibilang masih merupakan misteri. Kabarnya, beberapa pabrik sudah menerima order produksi dari Nintendo dan console anyar itu dijadwalkan untuk dirilis tahun depan. Kali ini, berdasarkan informasi Wall Street Journal, mereka telah memulai proses distribusi SDK (software development kit) ke developer third-party.

Kita tahu platform Nintendo terkenal akan judul-judul eksklusif, namun boleh jadi mereka akan 'lebih terbuka', tak malu-malu mengikuti langkah kesuksesan console new-gen kompetitor. Di bulan Juli, Square Enix pernah menyampaikan bahwa mereka berencana meramu Dragon Quest XI, pelanjut seri RPG kebanggaan sang developer, untuk NX dan 3Ds.

Probabilitas besar lain adalah, NX akan menggantikan posisi Wii U sebagai platform gaming di ruang keluarga. Umur Wii U memang tergolong muda, tersedia semenjak tahun 2012. Tapi karena terhadang sejumlah kendala mulai dari UI, tidak jelasnya spesialisasi, dan minimnya game-game companion di masa peluncuran, berujung pada lambatnya adopsi konsumen. Akibatnya, publisher besar semisal Electronic Arts mengurangi dukungan mereka terhadap Wii U.

Info menarik: Telah Ditemukan Console Prototype Buatan Sony dan Nintendo

Nintendo sama sekali belum menyingkap seperti apa wujud resmi NX, namun keterangan dari narasumber menyebutkan bahwa console mempunyai dua komponen: sistem hardware utama dan setidaknya 'satu unit mobile'. Periferal/aksesori terakhir ini mungkin bisa digunakan buat mengakses console, atau dibawa dalam perjalanan untuk dipakai secara terpisah. Selain itu, Nintendo akan menggandeng chip-maker ternama, sebagai jawaban atas keluhan soal performa Wii U.

Menurut analis Macquarie Capital Securities David Gibson, besar kemungkinan Nintedo melepas NX di tahun 2016, melihat dari lemahnya penjualan Wii U dan 3DS. Juru bicara Nintendo sendiri menuturkan, detail lebih lanjut mengenai NX akan disingkap tahun depan.

Melihat dari kebiasaan mereka sebelumnya, terdapat peluang platform next-gen tersebut dirilis di triwulan keempat mendekati penghujung tahun. Semoga saja Nintendo turut membubuhkan fitur khas mereka, yaitu backward compatibility.

Via The Escapist. Gambar header ialah Wii U dengan bundle Mario Maker.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter