16 February 2015

by Bambang Winarso

Sejumlah Pengguna BlackBerry 10 Mengaku Sudah Bisa Menelpon dari WhatsApp

Bukan rahasia lagi bahwa tim pengembang WhatsApp sedang berupaya menghadirkan fitur panggilan suara ke aplikasinya. Perkembangan terbaru sebagaimana dilansir oleh Crackberry bahwa sejumlah pengguna BlackBerry 10 melaporkan sudah menemukan fitur panggilan suara tersebut di perangkat mereka.

Ini bukan kali pertama fitur panggilan suara WhatsApp menampakkan diri. Sebelumnya fitur yang sama juga tertangkap sudah dapat dipergunakan oleh sejumlah pengguna di India yang kemudian tersebar melalui situs Reddit.

Pengakuan yang juga disertai penampakan fitur tersebut memunculkan anggapan bahwa WhatsApp sedang melakukan pengujian skala kecil yang bisa saja berakhir pada peluncuran secara global.

Kendati sejauh ini belum ada perkembangan yang signifikan, namun kemunculan fitur panggilan suara di perangkat sejumlah pengguna BlackBerry memperkuat ekspektasi dan memunculkan kembali harapan pengguna akan kehadiran fitur tersebut dalam waktu dekat.

Info Menarik:Game Android Pilihan 9 โ€“ 15 Februari 2015

Panggilan suara merupakan salah satu fitur yang saat ini masih absen di WhatsApp, namun sebaliknya sudah jadi andalan sejumlah aplikasi pesan lain untuk menggaet pengguna. LINE, BBM dan KakaoTalk adalah sebagian dari yang sudah membawa fitur tersebut.

Saya setuju bila fitur ini dalam status urgent harus segera dihadirkan, tanpa itu dominasi WhatsApp bukan tidak mungkin berada dalam ancaman.

Sayang beribu sayang, fitur ini dilaporkan hanya dapat ditemukan oleh pengguna yang menggunakan versi beta dari BlackBerry Beta Zone. Yang artinya, pengguna WhatsApp versi non-beta kemungkinan besar hanya bisa gigit jari untuk saat ini.

Beberapa pengguna mengaku dapat memaksa fitur ini untuk muncul dengan meminta pengguna dari versi beta yang sudah memiliki fitur panggilan suara untuk menelpon ke nomor mereka. Namun upaya tersebut tampaknya tak selalu membuahkan hasil.

Sumber berita Crackberry dangambar header Gil C/Shutterstock.