Categories

Social Media

Sekarang di Twitter Siapapun Bisa Mencari Tweet 'Tempoe Doeloe'

Bambang Winarso - 20 November 2014

Selain mempunyai fitur interaksi sosial sebagai layanan utama, Twitter juga mepunyai fitur mesin pencari yang memudahkan pengguna untuk menemukan berbagai hal.

Baik itu pengguna, trending topic dan juga tweet tertentu. Kabar gembiranya, Twitter kini mempunyai teknologi mesin pencari baru yang mampu menemukan semua tweet sejak hari pertama Twitter beroperasi.

Melalui blog resminya, Twitter memberikan penjelasan panjang lebar mengenai bagaimana fungsi mesin pencari terbarunya dan teknologi yang diadopsi guna menghadirkan kemampuan ini kepada pengguna.

Sebagai jejaring sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 271 juta, Twitter menjadi pusat aktivitas sekian banyak pengguna yang setiap harinya melahirkan tweet-tweet baru, yang bila dijumlah sejak pertama kali beroperasi di 2006 silam, maka hasilnya akan lebih dari ratusan miliar tweet. Dibutuhkan teknologi yang canggih dan juga mumpuni untuk dapat menghantarkan dan meyortir sekian banyak data kepada masing-masing pengguna yang melakukan pencarian.

Hari ini menjadi hari bersejarah bagi lahirnya fitur pencarian baru dengan teknologi baru pula, yang memungkinkan siapapun untuk mencari tweet yang pernah di-posting sejak hari pertama. Pengguna bisa menggunakan kata kunci atau hashtag untuk menemukan tweet yang diinginkan. Perlu dicatat bahwa fitur ini sebelumnya hanya dapat digunakan oleh partner Twitter, tapi sekarang semua orang bisa menggunakannya dengan bebas.

 

Info Menarik: Rangkul Klub Sepak Bola Papan Atas Barcelona FC, Handset Advan Barca Diumumkan

 

Tertarik untuk mencoba? Klik tautan ini kemudian ketikkan kata kunci apapun atau hashtag yang Anda inginkan.

Kemudian tentukan rentang tanggal atau biarkan kosong untuk menampilkan semua tweet yang terkait dengan kata kunci di atas. Terakhir klik tombol Search.

Ini hasilnya!

Anda dapat melakukan pencarian dengan kata kunci yang berbeda, misalnya terkait event atau perhelatan olahraga yang Anda gemari. Sebelum adanya fitur terbaru ini, pengguna harus melakukan scrolling halaman timeline pengguna yang men-tweet informasi yang dibutuhkan. Sekarang jauh lebih mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Via: TheVerge dan gambar headerTwitter via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter