Categories

Gadget

Selain Lindungi Kepala, Helm Pintar Quin Bisa Jadi Ekstensi Fungsi Smartphone Anda

Quin bisa jadi alternatif jika harga CrossHelmet X1 berada di luar jangkauan isi dompet Anda.

Yoga Wisesa - 11 April 2018

Pembatalan pengembangan helm pintar Skully terlepas dari kesuksesannya mengumpulkan jutaan dolar via crowdfunding mungkin menyisakan rasa pahit di memori, tapi minimnya pilihan sistem pintar penunjang kendaraan roda dua terus mendorong produsen untuk menyiapkan solusinya. Dan sejauh ini, helm menjadi medium terbaik buat mengimplementasikan sistem tersebut.

Jika menurut Anda penampilan CrossHelmet X1 terlalu 'ganas' atau kelewat futuristis, Quintessential Design punya alternatif yang lebih mainstream dan merakyat. Lewat Kickstarter, tim developer asal Minneapolis itu memperkenalkan Quin, helm motor pintar yang mengutamakan aspek keselamatan dan kenyamanan. Penampilannya juga lebih serasi dengan berbagai model kendaraan roda dua.

Helm Quin tersaji dalam enam pilihan desain - terbagi dalam varian full face sporty serta open face bergaya retro. Perbedaan utama mereka terletak pada warna dan striping. Namun di aspek rancangan, keenam model mempunyai satu kesamaan: mereka adalah smart helmet paling ringan di dunia, dengan bobot hanya 1.270-gram, lalu semuanya telah memperoleh sertifikasi DOT dan ECE 22.05.

Quin juga digarap agar tidak mengurangi konsentrasi Anda selama berkendara. Di sana tidak ada kabel berseliweran, mic yang terbuka, ataupun kenop kendali. Helm ini diramu sebagai perpanjangan fitur smartphone, terutama fungsi-fungsi esensial yang berkaitan dengan navigasi dan komunikasi. Melalui Quin, Anda bisa memanfaatkan fungsi panggilan telepon, mencari arah, hingga menjalankan musik. Helm tersambung ke handset via konektivitas Bluetooth 4.0.

Helm diotaki oleh hardware bernama Quin Arc Chip. Seiring pemakaian, ia bisa mempelajari setting audio hingga musik favorit Anda. Chip juga mampu mengukur kecepatan, momentum pengereman, tingkat g-force maksimal, serta segera mengetahui jika Anda mengalami kecelakaan. Jika hal ini terjadi, Quin akan langsung mengirimkan pesan darurat ke orang-orang terdekat Anda.

Quin juga mempunyai sistem SOS sebagai fungsi keselamatan tambahan. Fitur ini hampir sama seperti protokol crash detection sebelumnya, tapi disiarkan ke sesama pengguna helm Quin sehingga mereka bisa segera datang membantu. Kapabilitas SOS beacon tersebut sangat berguna jika Anda jadi korban kejahatan/penganiayaan. Ketika aktif, sistem langsung menyalakan fungsi perekaman audio.

Kabar baiknya. Quin dijajakan di harga yang cukup masuk akal. Anda bisa memesannya di Kickstarter seharga mulai dari US$ 240.

Ghost merupakan model paling high-end helm pintar Quin. Tubuhnya terbuat dari serat karbon, sudah memenuhi standar balap, dan dibanderol di harga retail US$ 540. Angka ini sendiri jauh lebih ekonomis dibanding CrossHelmet X1 yang akan memangkas uang tabungan Anda sebesar US$ 1.400.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter