Ramainya segmen notebook gaming turut mendorong produsen kartu grafis dan motherboard EVGA untuk mulai bermain di ranah ini. Di awal 2016, perusahaan asal Kalifornia itu memper-kenalkan laptop pertamanya, sebuah mesin gaming portable yang mengusung kartu grafis Nvidia Maxwell kelas desktop dan kemudahan meng-overclock hardware: EVGA SC17.

Di bulan Agustus tahun lalu, EVGA memperbarui sejumlah aspek di laptop gaming mereka itu. Produsen mengganti kartu grafis GTX 980 dengan GeForce GTX 1070, menyematkan layar 4K, dan tetap memastikan pengguna memperoleh keleluasaan overclock. Tepat setahun setelahnya, EVGA kembali mengumumkan penjelmaan paling mutakhir dari SC17. Aspek paling menonjol ialah penggunaan GPU GTX 1080 dan kehadiran teknologi Nvidia G-Sync.

EVGA SC17 1080 2

SC17 tetap menyuguhkan form factor yang cukup tipis untuk notebook sekelasnya. Tubuh laptop ini terbuat dari material aluminium dengan struktur unibody, mempunyai ketebalan 33-milimeter. Buat menunjang mobilitas, power supply-nya didesain unik sehingga tak lagi berpenampilan seperti balok bata, namun tetap dapat memasok tenaga hingga 240W. Sebagai input kendali utama, Anda akan kembali menemui keyboard full-size dengan backlight putih plus touchpad di area tengah palm rest.

EVGA SC17 1080 3

Sebagai jendela akses konten, EVGA memanfaatkan panel IPS selebar 17,3-inci beresolusi UHD (4K) yang telah dibekali Nvidia G-Sync. Fitur tersebut berguna untuk meminimalkan efek tearing dan stuttering terlepas dari berapapun frame rate yang diperoleh sistem. Produsen menjanjikan output gambar tajam dengan viewing-angle luas.

EVGA SC17 1080 1

Seperti pendahulunya, mendukung overclock adalah key selling point utama EVGA SC17. Laptop ini menyuguhkan GUI BIOS lengkap (dengan kompatibilitas mouse), memungkinkan pengguna untuk mengendalikan CPU multiplier, tegangan, memori, frekuensi, meng-overclock GPU dan mengatur kipas. Melalui software VGA Precision X Mobile, Anda dapat mengakses semua setting ini dari dalam Windows.

Overclock juga dapat dilakukan secara on-the-fly dengan kombinasi tombol di keyboard berkat fitur Enable Superclock. Dan jika ingin menghemat baterai, EVGA juga telah menyediakan mode Downclock; dan ada berbagai preset lain untuk digunakan di skenario berbeda.

Selain dipersenjatai GTX 1080, New EVGA SC17 juga dilengkapi prosesor Intel Core i7-7820HK, RAM DDR4 2666MHz 32GB, serta penyimpanan SSD M.2 PCI-E NVMe 256GB plus HDD 1TB. Laptop spesialis OC ini juga dapat disambungkan lagi ke satu monitor G-Sync eksternal.

EVGA SC17 dengan GTX 1080 sudah mulai dipasarkan, dijual seharga ‘hanya’ US$ 3.000.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.