1. Lifestyle

Selamat Tinggal Metro, Modern dan Universal, Selamat Datang Windows App

Jika ada satu hal yang membingungkan mengenai aplikasi di platform Windows 8 dan Windows Phone 8, itu adalah bagaimana tim Microsoft sendiri menyebut jenis aplikasi yang berjalan di sistem operasi tersebut.

Untuk membedakan dengan aplikasi desktop yang biasa, di awal kemunculan Microsoft menyebutnya Metro App. Namun setelah terjadi suatu protes masalah legalitas, Microsoft mengubah penyebutan tersebut menjadi Modern App. Lalu ketika konvergensi platform mulai terjadi pada versi Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1, Microsoft menyebutnya Universal App.

Menyambut peluncuran Windows 10, Microsoft kembali mengubah cara penyebutan tersebut menjadi lebih sederhana. Karena nantinya tidak ada lagi Windows Phone dan Windows Tablet maka tidak akan ada istilah Windows Phone App dan Windows 8 App. Semuanya diganti menjadi hanya Windows App.

Info menarik: YouTube Siap-Siap Untuk Jadi Platform Live Stream Gaming Ala Twitch?

Sementara itu untuk aplikasi ‘legacy’ yang hanya berjalan pada mode desktop akan dikenal sebagai Windows Desktop App. Sebuah slide yang menjadi materi salah satu webinar oleh Microsoft mengindikasikan konvensi nama itu akan digunakan untuk seterusnya.

Melihat perubahan penyebutan ini memang menjadi sangat masuk akal. Windows Apps nantinya dapat berjalan di perangkat manapun yang didukung Windows (Ponsel, Desktop, XBox) sementara Windows Desktop App hanya dapat berjalan pada versi Windows yang memiliki mode desktop.

Meskipun saat ini istilah Universal App mulai banyak digunakan, penggunaan Windows App lebih menggambarkan branding dari Microsoft itu sendiri.

Sudah tidak sabar untuk menikmati Windows 10 di perangkat Anda? Sambil menunggu, pembaca setia Trenologi bisa menjelajah berbagai topik seputar Windows 10 di tautan ini:

Windows 10 Akan Diluncurkan Juni 2015

5 Hal Baru yang Perlu Anda Ketahui Tentang Windows 10

Microsoft Perkenalkan Surface Hub, Monitor Futuristik Berbekal Windows 10

Prediksi Aplikasi yang Akan Bisa dikembangkan untuk Windows 10

Technical Preview Windows 10 untuk Ponsel Sudah Bisa Dijajal

Inilah Tampilan Windows 10 untuk Ponsel

Mengenal Jenis Ukuran Live Tile di Windows 10 untuk Ponsel

---

Sumber slide: https://channel9.msdn.com/Events/Speakers#D. Gambar header ilustrasi Windows: RoSonic/Shutterstock.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again