Categories

Mobile

Selamat Ulang Tahun yang Ke-20 SMS!

wiku - 3 December 2012

Dua puluh tahun yang lalu pesan teks atau SMS pertama dikirimkan, tanggal 3 Desember tahun ini adalah ulang tahun SMS yang ke 20.

Saat ini SMS, meski masih menjadi layanan utama untuk komunikasi mobile, perannya sudah mulai tergantikan. Komunikasi pesan pendek sudah dilakukan lewat berbagai layanan jejaring sosial yang memiliki layanan pesan seperti Facebook, Twitter, Path atau aplikasi pesan seperti Whatsapp, KakaoTalk, Line dan berbagai sarana komunikasi lain.

Namun demikian, SMS masih tetap bertahan, bahkan berbagai bisnis masih bergantung pada cara komunikasi ini untuk menjangkau pelanggan, calon konsumen atau relasi mereka.

Seperti yang dikutip dari PC World, saat ini ada 7 triliun pesan teks yang dikirimkan setiap tahunnya, lebih dari 200.000 per detik. Pesan teks pertama dikirmkan dalam bentuk ucapan “Merry Christmas’ dari sebuah PC ke ponsel ORbitel 901 pada tahun 1992. Penggunaan pesan teks dulu untuk tujuan memberikan informasi voicemails pada pelanggan operator, layanan SMS ini awalnya dihadirkan tanpa biaya. Butuh beberapa tahun untuk SMS menjadi populer karena pada tahun 1995, beberapa tahun setelah kehadiran pertamanya, pengguna hanya mengirimkan satu pesan setiap 2 setengah bulan.

Diperkirakan SMS masih akan tetap bertahan, salah satu alasannya adalah ketersediaan universal. Semua pengguna ponsel tentu bisa mengakses layanan SMS.

Ingin tahu sekilas kisah tentang bagaimana proses ‘kelahiran’ SMS? Anda bisa cek artikel PC World berikut ini.

Slmt Ulgthn SMS! :)

[Gambar]

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter