Categories

Business

Selangkah Lagi Xiaomi Dapatkan Kucuran Dana Miliaran Dolar

Bambang Winarso - 11 November 2014

Vendor perangkat asal Tiongkok, Xiaomi, dikabarkan tinggal selangkah lagi untuk memperoleh suntikan dana segar dari sejumlah investor. Konon kabarnya jika pembicaraan mereka berjalan lancar, Xiaomi akan diguyur kucuran dana tunai sebesar $1,5 miliar.

Manuver bisnis Xiaomi tampaknya mulai memberikan ancaman serius terhadap para pesaingnya. Setelah sukses merangsek ke posisi tiga vendor paling besar di tahun 2014 selama kuartal ketiga, Xiaomi dikabarkan sedang mengambil ancang-ancang untuk merambah sektor lainnya seperti TV dan wearable device. Guna memuluskan proyek tersebut, mereka kemudian melakukan upaya menggaet investor baru.

Sejumlah investor disebut-sebut sedang melakukan pendekatan serius. Salah satu yang mendapat sorotan adalah DST, perusahaan internet asal Rusia yang juga menyokong Alibaba, Facebook dan Airbnb.

Pembicaraan tersebut kabarnya masih berlangsung hingga berita ini dipublikasikan, tetapi apabila kata sepakat berhasil dicapai maka sangat berpotensi merubah peta persaingan industri perangkat yang saat ini ada. Seperti yang dikutip dari CNBC, dengan tambahan investasi sebesar $1,5 miliar, maka Xiaomi diestimasikan memiliki nilai sebesar $40 miliar, mengalahkan nilai valuasi gabungan antara Sony dan Lenovo.

 

 

Info Menarik: Hadang iPhone 6, HTC Hadirkan HTC One M9?

 

 

Nilau valuasi yang mencapai angka $40 miliar, menjadikan Xiaomi hampir setara dengan Facebook tatkala mendapatkan kucuran dana tahun 2011 lalu sebelum akhirnya meluncur ke lantai bursa.

Tingginya nilai valuasi Xiaomi menjadi sorotan para pengamat pasar, kondisi ini dibanding-bandingkan dengan situasi yang dialami oleh Alibaba saat pertama kali memperoleh kucuran dana dari investor besar.

Xiaomi sendiri per kuartal ketiga 2014 sukses mengapalkan 17,3 juta unit perangkat, unggul jauh dari Lenovo dengan 16,9 juta unit dan LG di 12 juta unit.

Apabila sukses meyakinkan investor, dengan tambahan $1,5 miliar di tangan, Xiaomi punya peluang besar untuk melebarkan sayap ke benua lainnya seperti Asia dan Amerika Latin.

Bahkan seperti yang dikabarkan kala berupaya menggaet investor, Xiaomi juga sangat mungkin merambah sektor industri TV dan memperkaya portfolio yang sudah ada dengan membuat lebih banyak varian smartphone, tablet, router dan termasuk merealisasikan rumor pembuatan kamera mirip GoPro.

Sumber berita GSMArena.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter