18 February 2014

by Yoga Wisesa

Seluruh Album Slank Tersedia di iTunes

Didirikan oleh para remaja dari Gang Potlot di tahun 1983, Slank bisa dibilang merupakan band rock paling legendaris dan paling membumi di Indonesia. Status 'cult' yang dimilikinya belum mampu ditandingi oleh band lain yang ada di nusantara. Kini pertanyaannya ialah dengan karya yang begitu banyak, kapan kita bisa mengakses musik mereka dari layanan distribusi digital?

Berita gembira untuk Anda para Slankers di segala umur. Dari Twitter resminya, Slank mengumumkan bahwa seluruh lagu mereka, dari mulai album 'Suit suit...hehehe' hingga 'Slank Nggak Ada Matinya' kini bisa diakses dari iTunes.

Di sana Anda bisa melihat salah satu alasan mengapa mereka ditobatkan sebagai band terbesar di Indonesia: Anda bisa membeli seluruh 23 album yang pernah dirilis Slank, dan itu berarti tidak kurang dari 275 lagu yang bisa Anda dengarkan.

Lagu-lagu ini disajikan dengan harga mulai dari US$ 0,99 hingga US$ 1,29. Harga satu albumnya dibanderol US$ 5,99, kecuali untuk album film terbaru mereka Slank Nggak Ada Matinya - US$ 6,99.

Untuk pengguna iTunes di Indonesia, lagu tersebut bisa dimiliki dengan harga yang entah mengapa lebih murah: mulai Rp 5.000 hingga Rp 7.000, dengan harga per album Rp 29.000 kecuali album terakhir mereka itu yang ditawarkan seharga Rp 35.000.

Walaupun telah mengalami beberapa kali pergantian anggota, Slank berhasil tetap berkarya hingga tiga dekade setelah band tersebut didirikan. Tiga album pertama mereka, 'Suit suit...hehehe', 'Kampungan dan Piss', memenangkan penghargaan BASF sebagai album paling laris. Album keempat mereka, 'Generasi Biru', juga sangat sukses dan mencatat penjualan multi-platinum.

Slank juga sempat pergi ke Amerika dan merekam album berbahasa Inggris pertamanya di sana, Anthem for the Broken-Hearted. Gitaris Blues Saraceno dipilih sebagai produser album ini dan kabarnya mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 22 hari untuk proses rekaman dan sound-mixing.

Slank Nggak Ada Matinya bukanlah film pertama yang mereka bintangi. Di tahun 2009 Slank berkolaborasi dengan sang sutradara Garin Nugroho dalam membuat film dokumentasi pertama mereka berjudul 'Generasi Biru' sembari merilis single Slank Dance.

Anda bisa langsung menjelajah musik Slank dengan mengklik tautan iTunes ini. Saya ucapkan selamat berbelanja.