Categories

Social Media

Seluruh Data Google Plus Akan Dihapus Mulai 2 April Mendatang

Ini hanya berdampak untuk Google Plus versi komsumen, bukan korporasi

Bambang Winarso - 31 January 2019

Jalan terjal panjang yang dilalui Google Plus akhirnya benar-benar menemui jurang yang dalam. Kesulitan untuk mengejar Facebook dan terdampak oleh kebocoran data jutaan penggunanya, tahun lalu Google mengakui kekalahan dan berencana menghentikan layanan jejaring sosialnya itu.

Dalam tulisan di blog dan halaman support terkait yang ditayangkan hari ini, Google menjelaskan keputusannya itu dan memperingatkan pengguna bahwa mereka akan menghapus semua postingan, foto, video, dan komentar mulai 2 April 2019.

Dengan adanya pengumuman resmi ini, maka bagi Anda yang sempat menjadi bagian darinya dan merasa memiliki banyak foto kenangan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengunduhnya sebelum dihapus secara permanen.

Tetapi untuk pemilik perusahaan yang mempunyai akun Google dan tergabung dalam G Suite, Anda masih dapat menggunakannya untuk masa mendatang sampai ada kebijakan baru. Google hanya mematikan versi konsumen, dan juga semua Google+ API yang hanya akan bertahan sampai 7 Maret mendatang.

Google juga mengatakan bahwa proses penghapusan data ini akan berjalan secara bertahap. Sehingga beberapa akun kemungkinan besar masih akan terlihat beberapa saat setelah proses tersebut resmi berjalan sesuai tanggal yang ditetapkan.

Keputusan untuk menutup layanan Google Plus pertama kali dibeberkan ke publik pada bulan Oktober 2018 lalu. Rumor tentang kebocoran data yang berdampak pada jutaan pengguna disebut menjadi salah satu faktor yang membuat Google semakin yakin dengan masa depan layanan yang tadinya digadang bakal menjegal Facebook. Tetapi tak lama setelah pengumuman penutupan, kebocoran yang cukup besar kembali terjadi yang mendorong Google untuk mempercepat tenggat waktu penutupan layanan.

Terhitung sejak 4 Februari, akses pembuatan halaman, komunitas, acara dan profil akan ditutup total. Di tanggal yang sama komentar yang dibuat dari Google Plus di Blogger.com juga akan dihapus, kemudian menyusul situs lain pada tanggal 7 Maret. Dengan adanya tenggat yang telah dikonfirmasi, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Google Plus.

Sumber berita Venturebeat dan Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id