Categories

Mobile

Semakin Percaya Diri Berkunjung ke Negeri Orang Bersama Google Translate Versi Baru

Glenn Kaonang - 15 January 2015

Berkelana ke negeri orang itu enak, namun bisa menjadi runyam tatkala Anda salah bicara dalam bahasa lain. Kesalahpahaman amat sering terjadi antara turis dan warga setempat. Selama ini kita banyak mengandalkan Google Translate, terlepas dari keterbatasannya.

Diumumkan lewat blog resmi Google Translate, versi baru untuk aplikasi iOS dan Android-nya akan membawa dua peningkatan fitur yang sangat berguna, yakni instant translation dan real-time voice translation.

Kedua fitur ini sudah hadir dalam aplikasi Google Translate versi Android sejak 2013 – versi iOS malah belum pernah dibekali kedua fitur ini – akan tetapi kinerjanya dinilai masih kurang oke.

 

Informasi menarik: Aplikasi Cleen, Permudah Organisir Foto di iPhone atau iPad

 

Menggunakan versi terbaru Google Translate nanti, Anda dapat memakai kamera smartphone untuk menerjemahkan teks pada objek – mulai dari rambu jalan hingga menu restoran – secara instan kala Anda sedang bertamasya ke negara lain.

Sebelum ini, pengguna smartphone Android harus mengambil gambar dari teks tersebut, lalu Google Translate akan menerjemahkannya ke dalam 36 bahasa yang didukung. Dengan versi terbarunya, Anda hanya perlu mengarahkan kamera smartphone pada teks yang dituju, maka terjemahan akan muncul menggantikan teks asing tersebut. Hebatnya lagi, fitur ini tidak memerlukan koneksi internet sama sekali.

Untuk sekarang belum banyak bahasa yang didukung oleh fitur instant translation, antara lain Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Portugis, Rusia dan Spanyol. Bagi yang belum tahu, fitur instant translation ini memanfaatkan teknologi milik aplikasi Word Lens yang diakuisisi Google pada pertengahan tahun lalu.

 

Informasi menarik: Aplikasi iOS Pilihan 8 – 13 Januari 2014

 

Fitur kedua yang mengalami peningkatan adalah voice translation. Google mengklaim kinerja fitur ini sekarang menjadi lebih cepat – terjadi secara langsung, atau real-time – dan lebih alami ketimbang yang telah ada di versi Android aplikasi Google Translate saat ini.

Cara kerjanya simpel: Anda hanya perlu menyentuh ikon mikrofon dan biarkan, misalnya, seorang pedagang cinderamata dari negara tempat Anda berkunjung untuk berbicara dalam bahasanya. Setelah itu, barulah giliran Anda untuk bertanya dalam bahasa ibu Anda, dan sentuh kembali ikon mikrofon tersebut. Google Translate kemudian akan mengenali kedua bahasa yang digunakan, dan Anda beserta pedagang tersebut bisa terus bercakap-cakap seperti biasa sembari melihat hasil terjemahannya pada layar.

Google rencananya akan merilis update terbaru ini dalam beberapa hari mendatang. Dengan kehadiran dua fitur yang canggih ini, diharapkan Anda dapat semakin percaya diri dan tidak malu bertanya saat sedang berada di negara lain.

Sumber: Google Translate Blog via CNET

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter