Categories

Business

Semangat Baidu Kampanyekan MoboMarket Demi Mendongkrak Developer Lokal

Michael Erlangga - 17 October 2014

Mewadahi aplikasi rancangan para pengembang lokal yang penuh talenta agar produknya lebih dikenal seantero nusantara merupakan insiatif positif dari Baidu. Setali tiga uang, untuk memperkenalkan marketplace aplikasi mereka, Baidu menggalakan kompetisi pencarian aplikasi Android terbaik di Indonesia.

Setelah resmi dibuka bulan lalu, kompetisi dengan tajuk “Finding Top 50 Local Apps” ini ternyata berhasil minat banyak perhatian dari talenta muda-mudi Indonesia. Dengan harapan memicu kreativitas para pengembang lokal, Baidu juga menyediakan hadiah total senilai 15.000 dollar AS atau sekitar Rp180 juta serta hadiah-hadiah menarik lainnya bagi para pemenang kompetisi ini. Dari seluruh aplikasi yang terkumpul, Baidu akan memilih 50 aplikasi terbaik yang masing-masing akan diganjar hadiah sebesar 300 dollar AS.

“Acara Finding Top 50 Local Apps diselenggarakan karena Baidu sadar akan potensi anak-anak muda di Indonesia, terutama di bidang digital. Melalui MoboMarket, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk mendukung para pengembang aplikasi lokal. Kami ingin membangun hubungan yang baik dengan para pengembang lokal dan membuka kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan aplikasi buatan mereka,” ujar Edo Suryo Pamungkas, Product Manager of MoboMarket di Indonesia.

Gagasan positif ini berhasil mencatatkan lebih dari 75 aplikasi lokal yang telah terdaftar dalam kurun waktu kurang-lebih sebulan sejak pembukaannya September silam. Sebagian besar aplikasi-aplikasi tersebut datang dari tim pengembang yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Malang, Sidoarjo, dan Surabaya. Meskipun masih didominasi dari tim sekitar pulau Jawa, ini dapat dijadikan ajang bersaing yang positif untuk para pengembang di daerah lain.

“Kami berharap lebih banyak lagi pengembang aplikasi dari kota-kota lainnya mendaftarkan karya mereka ke dalam ajang ‘Finding Top 50 Local Apps’. MoboMarket terbuka bagi berbagai jenis aplikasi Android, baik itu aplikasi hiburan dan game, aplikasi lifestyle dan kesehatan, aplikasi musik, video, dan berita, ataupun aplikasi fotografi,” tambah Edo.

Baidu juga dikabarkan tengah menjalani serangkaian roadshow di kota-kota besar yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Tak hanya memperkenalkan produk MoboMarket, Baidu turut membagikan beragam tips mengenai pengembangan aplikasi serta informasi terkait pasar aplikasi Android di Indonesia dan global.

“Kami senang karena di setiap kota tersebut, kami dapat bertemu langsung dengan para pengembang lokal, pelaku startup, dan para mahasiswa yang bersemangat. Kami juga berharap akan bertemu dengan banyak anak muda serta pengembang aplikasi lokal dalam roadshow di Yogyakarta (24 Oktober 2014) dan Surabaya (6 November 2014),” katanya.

 

[foto: Dok. Baidu Indonesia]

 

*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Baidu Indonesia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter