30 August 2014

by Bambang Winarso

Sempat Bertahan Setahun di Tiongkok, MSN Messenger Akhirnya Ditutup Juga

Sobat Trenogoers pastinya belum lupa dong dengan aplikasi chat MSN Messenger yang pernah populer satu dekade lalu. Aplikasi pesan milik Microsoft tersebut sempat duduk dalam jajaran aplikasi chat paling populer, saat itu pilihan aplikasi di kategori ini memang tak seramai sekarang. Kabar buruknya, MSN Messenger berada di ujung usia setelah dipastikan tutup secara menyeluruh per 31 Oktober 2014.

Di bulan Januari tahun lalu Microsoft sudah memulai prosedur migrasi bagi pengguna MSN Messenger ke Skype. Tindakan ini dilakukan setelah manajemen Microsoft memutuskan untuk menutup layanan MSN Messenger terhitung sejak Maret 2013.

Hanya saja saat itu MSN Messenger tidak sepenuhnya pensiun, perusahaan rekanan Microsoft bernama TOM yang beroperasi di Tiongkok masih tetap meneruskan layanan untuk pengguna di sana. Menjadi satu-satunya negara yang masih dapat menggunakan aplikasi MSN Messenger.

Dikonfirmasi oleh Technode,  akhirnya layanan MSN Messenger di Tiongkok pun akan dihentikan efektif per 31 Oktober 2014. Menandai berakhirnya petulangan MSN Messenger setelah 15 tahun melanglang buana di jagat internet.

 

 

Info Menarik: Cara Memindahkan Kontak di Perangkat Android

 

 

Seperti sebelumnya, pengguna di Tiongkok yang masih setia menggunakan MSN Messenger diminta untuk migrasi ke layanan milik Microsoft lainnya, Skype yang tentunya lebih lengkap dan lebih modern.

Eksistensi MSN Messenger di kategori aplikasi pesan memang tak terbantahkan, tapi itu dulu. Sekarang situasinya sudah berubah, peta persaingan aplikasi pesan saat ini berbeda dengan jamannya MSN Messenger. Apalagi tampaknya Microsoft tak berminat untuk melebarkan jangkau aplikasi ke berbagai platform.

Di Tiongkok sendiri ada banyak aplikasi pesan yang tersedia dan jauh lebih fleksibel berkat dukungannya ke hampir semua platform.

Meski demikian, MSN Messenger tetap menorehkan sejarah di jagat teknologi, setuju?

Sumber berita TheNextWeb dan gambar header Nextpowerup.