9 September 2016

by Oki Rosgani

Sempat Hengkang dari Korea, BlackBerry Akan Kembali dengan Smartphone Priv

Smartphone ini akan diumumkan di Korea pada tanggal 20 September mendatang

Sejak tahun 2013 lalu, BlackBerry sempat hengkang dari pasar Korea Selatan, salah satu alasannya adalah lantaran semakin buruknya penjualan perangkat di negeri K-Pop tersebut. Pasalnya hanya ada satu operator, SK Telecom, yang memasarkan produk BlackBerry kala itu, ditambah persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan asal Kanada ini menarik mundur semua rencana bisnisnya.

Setelah tiga tahun berlalu, akhirnya BlackBerry akan kembali menjejakkan kakinya di pasar Korea Selatan melalui produk smartphone BlackBerry Priv.

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari situs ZDNet, produk smartphone Android akan diumumkan untuk pasar di kawasan tersebut pada tanggal 20 September 2016 mendatang.

Akankah BlackBerry sukses melenggang di pasar Korea Selatan? Terlalu dini untuk kita simpulkan mengingat perangkat BlackBerry Priv merupakan produk smartphone premium yang hadir dengan spesifikasi cukup mumpuni.

Smartphone ini memiliki layar slide berukuran 5,4 inci beresolusi QHD yangย  diotaki dengan prosesor Snapdragon 808 serta dukungan RAM sebesar 3GB dengan memory internal sebesar 32GB, kehadiran platform Android dan tombol QWERTY yang tersembunyi di balik layarnya boleh jadi merupakan daya tarik tersendiri terutama bagi mereka yang menginginkan keyboard fisik ketimbang keyboard pada layar sentuh.

Pasar Korea menjadi salah satu pasar yang sulit ditaklukkan, brand lokal masih menjadi raja dengan Samsung sebagai pemimpinnya.

Kendati demikian, sejumlah produsen tetap bertahan untuk bisa menembus pasar Korea Selatan, beberapa diantaranya ialah Huawei, perusahaan asal Tiongkok ini telah mencoba peruntungannya dengan memasarkan produk smartphone Huawei Be Y (sebagai varian dari smartphone P9 Lite), dan perusahaan asal Jepang, Sony.

Sumber: ZDNet | Gambar Header: BlackBerry