Categories

Mobile

Sempat Raib, Telegram dan Telegram X Sudah Kembali ke App Store

Konten yang tak pantas menjadi penyebab keduanya ditarik dari App Store

Bambang Winarso - 2 February 2018

Aplikasi pesan instan yang diklaim mengutamakan privasi, Telegram dikabarkan hilang dari toko aplikasi App Store sehingga tidak bisa diunduh oleh pengguna iPhone dan iPad. Anehnya, aplikasi alternatif yang dibangun dengan pemograman Swift, Telegram X juga raib.

CEO Telegram, Pavel Durov dalam sebuah cuitan mengatakan bahwa pihaknya telah memperoleh pemberitahuan dari Apple bahwa konten yang tak pantas telah dibagikan melalui aplikasi Telegram menjadi penyebab keduanya ditarik dari App Store. Segera setelah diatasi, aplikasi akan kembali bisa diunduh.

Tidak jelas konten tak pantas seperti apa yang dimaksudkan oleh Durov, namun yang pasti konten tersebut membuat Apple gerah sehingga memutuskan untuk mengambil tindakan pencegahan.

Tetapi di tempat berbeda muncul spekulasi lain, bahwa masalah sebenarnya bermula dari peluncuran Telegram X yang merupakan aplikasi rombakan dengan basis kode baru, elemen interface dan juga peningkatan performa. Telegram X versi iOS diduga menimbulkan masalah yang cukup serius bagi pengguna iPhone sehingga membutuhkan perubahan dengan segera.

Untungnya, kini aplikasi Telegram dan Telegram X sudah bisa kembali dijumpai di App Store dan diakses seperti biasa. Baik Apple maupun Telegram tampaknya telah menemukan jalan tengah untuk menghentikan kehebohan yang merebak cepat di dunia maya.

Penyalah-gunaan Telegram bukan pertama kali ini terjadi. Tahun lalu, pemerintah Indonesia juga mengancam untuk memblokir Telegram secara penuh jika tidak membentuk tim untuk menyaring konten-konten berbau teroris yang tersebar melalui aplikasinya.

Sumber berita Ubergizmo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter