Categories

Mobile

Sempat Tertunda, Custom ROM OxygenOS Akhirnya Resmi Diluncurkan

Bambang Winarso - 6 April 2015

Setelah sempat mundur dari jadwal yang seharusnya dan membuat para pengguna smartphoneOnePlus One kecewa, akhirnya vendor OnePlus resmi meluncurkan OxygenOS. Custom ROM berbasis Android Lollipop pertama yang dihasilkan oleh dapur mereka sendiri.

Sebagai perkenalan kembali, OxygenOS ini merupakan custom ROM yang dikembangkan sendiri oleh OnePlus dengan optimasi yang tentu dirancang khusus untuk perangkat besutan mereka OnePlus One.

Seperti yang dikonfirmasi secara resmi oleh OnePlus pada bulan Maret lalu, OxygenOS ini sebenarnya direncanakan rilis pada tanggal 27 Maret. Namun, rencana tersebut terpaksa ditunda dikarenakan sistem operasi oprekan tersebut belum mendapatkan sertifikat resmi.

Berbasis Android 5.0.2 Lollipop, OxygenOS ini diklaim sangat ringan dan memiliki banyak kelebihan serta integrasi layanan yang lebih baik. OxygenOS menghadirkan semua kustomisasi dan fitur yang sangat berguna yang bisa dinikmati oleh pengguna perangkat smartphone seri OnePlus One.

Tak hanya itu, OS tersebut juga dilengkapi dengan beberapa fungsi gestures, pengaturan cepat (quick setting) dan File Manager yang merupakan fitur-fitur penting di Android.

Info Menarik:Inikah Preview Aplikasi yang Dapat Dinikmati di Windows 10 untuk Ponsel?

“Sekarang adalah waktunya untuk melangkah lebih jauh. Dengan adanya sistem operasi buatan kami sendiri, kami dapat merespon umpan balik pengguna dengan cepat. Tujuan pembuatan OxygenOS adalah untuk memberikan sistem operasi yang cepat, update yang penting dan cakupan integrasi yang lebih baik kepada pengguna.” Tulis OnePlus di blog resminya.

Untuk informasi, OxygenOS ini tidak ‘harus’ diunduh oleh semua pengguna smartphone OnePlus One. Dengan kata lain, pengguna masih bisa menggunakan ROM Cyanogen jika masih menginginkannya. Namun sudah bukan rahasia bahwa ide pembuatan custom ROM sendiri oleh OnePlus diawali oleh keretakan hubungan mereka dengan Cyanogen pasca insiden pencekalan produk OnePlus di India oleh Micromax.

Singkat kata, dengan kemunculan OxygenOS ini OnePlus sudah siap untuk meninggalkan Cyanogen kapan pun. Walaupun di sisi lain, update CyanogenMod masih terus digulirkan.

Bagi Anda yang ingin mencicipi custom ROM rasa OnePlus, silahkan unduh OxygenOS di tautan ini.

Sumber berita Thenextweb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter