5 September 2017

by Bambang Winarso

Semua Smartphone Nokia Android Bakal Kebagian Update Android 8.0 Oreo

Kepastian ini dikonfirmasi langsung oleh Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas

Nokia kembali sukses menarik perhatian jutaan pengguna smartphone di dunia lewat sejumlah produk terbarunya. Di dalam genggaman HMD Global, brand Nokia kini tengah menapaki jalan benderang setelah sukses melahirkan beberapa perangkat smartphone yang cukup menjanjikan.

Setelah Nokia 8, HMD Global disebut-sebut akan meluncurkan smartphone yang merupakan model teratas bernama Nokia 9. Tapi kali ini sorotan bukan tertuju pada spesifikasi yang bakal dihadirkan, melainkan kabar bahwa semua perangkat berlabel Nokia bahkan Nokia 3 yang merupakan model terendah akan memperoleh update Android 8.0 Oreo saat waktunya tiba nanti.

Kepastian update Android Oreo untuk semua smartphone Nokia disampaikan langsung oleh Chief Product Office di HMD Global, Juho Sarvikas. Konfirmasi tersebut ia berikan untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu pengguna Twitter yang sepertinya punya minat yang besar atau memang sudah mempunyai salah satu model smartphone Nokia.

Tetapi di komentarnya itu, Sarvikas tidak bersedia membeberkan kapan tanggal pasti update tersebut akan tersedia. Sementara itu, di gelaran Google I/O lalu, Google sekilas mengisyaratkan bahwa ponsel Android Nokia bakal memperoleh update terbaru sebelum akhir tahun 2017. Sebagai catatan, Sarvikas juga merupakan orang yang membocorkan ketersediaan Android 7.1.1 Nougat untuk Nokia 3 beberapa waktu yang lalu.

Saat ini HMD Global sudah meluncurkan beberapa model smartphone, antara lain Nokia 3, 5, 6 dan 8. Model Nokia 8 adalah yang dirilis terakhir dan diyakini akan disusul oleh Nokia 9, model teratas yang akan menutup tahun 2017. Nokia 8 dan 9 kemungkinan bakal memperoleh update Android 8.0 Oreo terlebih dahulu, sebelum kemudian giliran model-model yang lebih rendah lainnya.

Selain dari sisi perangkat keras, HMD Global juga tampaknya mempunyai pendekatan berbeda di bagian piranti lunak pendukungnya. Terlihat jelas mereka ingin memberikan dukungan update OS lebih cepat dari pabrikan lain, setidaknya bisa menyamai smartphone Pixel yang notabene racikan Google bersama rekanannya. Verizon sendiri sudah menggulirkan update Android Oreo untuk Pixel dan Pixel XL, hanya beberapa hari setelah resmi diluncurkan.

Sumber berita AndroidPoliceΒ dan gambar header ilustrasi Nokia 8.