Layanan pencarian guru les privat memang menjadi salah satu model bisnis untuk startup edtech yang cukup menjanjikan. Setelah sebelumnya kita mengenal RuangGuru, kini hadir pesaingnya yakni SemuaGuru. SemuaGuru akan berhadapan langsung dengan RuangGuru karena memiliki kesamaan konsep. Bedanya SemuaGuru, atau biasa disebut SeGu, sudah menyediakan aplikasi mobile, baik untuk platform Android maupun iOS.

Data internal startup yang mulai berjalan efektif pada pertengahan Maret 2016 ini berhasil mendapatkan kurang lebih 10.000 orang guru dan 15.000 siswa yang sudah tergabung di dalam layananya. Pihak SeGu memprediksikan jumlah ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Dalam sistem SeGu tidak hanya lulusan universitas atau mahasiswa yang bisa mendaftarkan diri sebagai guru. Para pelajar dengan level yang lebih tinggi pun bisa mendaftar sebagai guru untuk para siswa yang levelnya berada di bawah mereka. Sistem SeGu juga diceritakan mengakomodir keahlian informal, seperti olah raga, bela diri, seni, musik, bahasa serta keterampilan lainnya.

Dalam perbicangan DailySocial dengan COO SeGu Mardiono, ia mengungkapkan bahwa saat ini fitur pencarian guru menjadi salah satu yang diunggulkan. Selain itu, ketiadaan intervensi customer service saat proses pemesanan guru juga menjadi salah satu hal yang diunggulkan. Pasalnya pengguna bisa saling berinteraksi langsung tanpa ada campur tangan dari pihak SeGu. Pihak SeGu hanya menyediakan sistem dan rekening untuk proses pembayaran.

Selain itu semua proses kesepakatan terjadi langsung antar pengguna. Selain fitur-fitur yang telah disebutkan SeGu saat ini juga tengah mengembangkan beberapa fitur lainnya, seperti pencarian Kursus, Seminar, dan Pelatihan yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk pendanaan saat ini SeGu disokong oleh PT Rynest Edukasi Visitama, perusahaan yang juga menaungi jasa bimbingan belajar online Bimbelkoe. Dengan klaim pengguna yang sudah cukup banyak saat ini SeGu masih berfokus untuk terus mempromosikan layanannya ke seluruh lapisan masyarakat baik di lingkungan sekolah maupun di kampus.

“Target Jangka Pendek SeGu saat ini adalah menjadikan aplikasi SeGu sebagai aplikasi yang wajib di download oleh Semua Calon Siswa, Orang Tua Siswa dan Calon Guru. Sementara target jangka panjang SeGu adalah pengembangan aplikasi SeGu ini ke dalam berbagai bahasa untuk dikembangkan di manca negara,” ucap Mardiono.

Update : COO SeGu Mardiono sebagai pihak yang memberikan informasi

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.