17 April 2015

by Yoga Wisesa

Sendal Ini Dapat 'Tumbuh' Mengikuti Perkembangan Kaki Anak

Semakin muda usia seseorang, maka kian cepat tingkat pertumbuhan kaki mereka. Kaki bayi bisa tumbuh hingga 12 ukuran hanya dalam tiga tahun. Itu mengapa dokter menganjurkan orang tua mengukurnya tiap tiga bulan karena sepatu kekecilan dapat merusak bentuk kaki. Jika dihitung, setidaknya Anda harus membeli alas kaki baru tiga sampai enam bulan sekali.

Pada tahun 2007, seorang inventor bernama Kenton Lee bekerja sembari menetap di kota Nairobi, Kenya. Suatu hari, ia melihat seorang gadis mengenakan sepatu yang kekecilan. Hal tersebut membuatnya berpikir, "Akankah sangat luar biasa jika sepatu dapat berkembang dan mengikuti ukuran kaki - sehingga ia bisa selalu pas dipakai anak-anak?" Dan bersamaan dengan itulah ide The Shoe That Grows terlahir.

The Shoe That Grows diprioritaskan sebagai proyek bantuan bagi mereka yang tinggal di tempat-tempat terpencil, tanpa akses mudah ke kebutuhan sandang - terutama alas kaki. Seperti namanya, produk pertama organisasi ini hadir berupa sendal unik, karena dapat disesuaikan dengan bentuk kaki berkat desain inovatif namun sangat praktis. The Shoe That Grows mampu berkembang hingga lima tingkat ukuran, dan dirancang agar bertahan selama lima tahun.

Info menarik: Sepatu ‘Bunglon’ Volvorii Bisa Hemat Anggaran Belanja Alas Kaki Anda

Terobosan canggih The Shoe That Grows terdapat pada rangkaian strap serta kancing tempel di depan, samping dan belakang. Demi memastikan The Shoe That Grows tetap awet hingga bertahun-tahun, developer memanfaatkan material berkualitas tinggi. Sol dibuat dari karet yang dikompresi, kemudian bagian atas menggunakan kulit bermutu, ditambah kancing-kancing logam.

Mengapa sepatu sangat penting? Menurut para pengembangnya, di seluruh dunia ada lebih dari 300 juta anak tidak mempunyai sepatu. Sewaktu-waktu mereka memang memperoleh kiriman alas kaki, tapi pertumbuhan kaki yang pesat menyebabkan donasi jadi kurang efektif. Tanpa perlindungan, dua miliar orang lebih telah tertular penyakit, terutama yang tinggal di daerah dengan tingkat sanitasi rendah.

The Shoe That Grows disuguhkan secara sederhana dan dibanderol sangat terjangkau. Tim sangat mendorong kita berpartisipasi dalam proyek ini, bisa dari berderma sebesar US$ 10 untuk sepasang sendal, hingga menjadi sukarelawan.

Untuk pembelian secara personal, The Shoe That Grows baru bisa dikirim ke Amerika dan Kanada. Tersaji dua tipe ukuran: kecil untuk anak TK hingga kelas empat SD, besar buat kelas lima SD sampai tiga SMP. Satu pasang The Shoe That Grows dijual seharga US$ 30 - lebih murah seandainya dipesan dalam jumlah banyak.

Sumber: TheShoeThatGrows.org.