Categories

Gadget

Sennheiser Luncurkan TWS Baru yang Lebih Terjangkau, CX 400BT True Wireless

Tidak punya active noise cancelling, tapi driver yang digunakan sama persis seperti milik Momentum True Wireless 2

Glenn Kaonang - 2 September 2020

Tidak seperti Sony atau Audio-Technica yang menawarkan bermacam true wireless earphone di rentang harga yang berbeda, Sennheiser sejauh ini baru merilis dua model saja yang semuanya duduk di kelas premium. Di kisaran harga $300, Sennheiser Momentum True Wireless 2 yang dirilis pada bulan Maret lalu jelas terlalu mahal buat sebagian konsumen.

Kabar baiknya, sang ahli audio asal Jerman punya penawaran baru bagi mereka yang memiliki budget lebih terbatas. TWS bernama lengkap Sennheiser CX 400BT True Wireless ini memang masih jauh dari kata murah, tapi setidaknya banderol $200 bisa dijangkau oleh lebih banyak kalangan.

Dengan selisih harga $100, apa yang membedakan CX 400BT dari Momentum True Wireless 2? Yang paling utama adalah active noise cancelling (ANC). Fitur tersebut absen pada CX 400BT, jadi Anda tidak perlu melirik perangkat ini seandainya fitur ANC benar-benar merupakan prioritas buat Anda.

Perbedaan selanjutnya mungkin tidak terlalu esensial, tapi yang pasti penampilan CX 400BT kalah premium dari kakaknya yang lebih mahal. Bentuknya lebih mengotak, dan charging case-nya tidak dibalut kain seperti milik Momentum True Wireless 2. Terlepas dari itu, CX 400BT tetap dilengkapi dengan panel sentuh pada sisi luar masing-masing earpiece-nya.

Lalu ketika mulai membahas soal jeroannya, di sinilah perbedaan antara CX 400BT dan Momentum True Wireless 2 terhenti, sebab keduanya mengemas unit driver 7 mm yang sama persis, dengan respon frekuensi 5 – 21.000 Hz yang sama pula. Bahkan versi Bluetooth yang dipakai pun sama, yakni versi 5.1.

Jadi kalau dipakai di tempat yang sunyi, mungkin akan sangat sulit membedakan kualitas suara yang dihasilkan masing-masing perangkat. Barulah ketika berada di keramaian, Momentum True Wireless 2 dengan teknologi ANC-nya bisa menyuguhkan pengalaman yang lebih superior daripada CX 400BT yang cuma mengandalkan isolasi suara secara pasif.

Soal baterai, CX 400BT memang belum selevel Momentum True Wireless 2, tapi masih tergolong cukup awet. Satu kali pengisian cukup untuk pemakaian selama 7 jam, dan charging case-nya siap menyuplai sekitar 13 jam daya ekstra (total 20 jam).

Seperti yang saya bilang, Sennheiser akan menjual CX 400BT True Wireless seharga $200. Di Amerika Serikat, pemasarannya akan dimulai pada pertengahan September ini juga. Pilihan warna yang tersedia ada dua, yakni hitam atau putih.

Sumber: Engadget dan Sennheiser.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter