Categories

Gadget

Sennheiser Memory Mic Adalah Mikrofon Wireless untuk Videografer Smartphone

Dapat terus merekam audio meski keluar dari jangkauan Bluetooth, dan setelahnya audio bakal disinkronkan dengan video secara otomatis

Glenn Kaonang - 3 August 2018

Entah kebetulan atau tidak, kategori produk mikrofon semakin mencuat popularitasnya belakangan ini. Dua indikasinya adalah mikrofon USB garapan Beyerdynamic dan akuisisi Logitech atas Blue Microphones. Di saat yang sama, tren mikrofon portable alias wireless juga ikut menguat berkat produk seperti Mikme Silver, serta yang terbaru datang dari dedengkot mikrofon itu sendiri, Sennheiser.

Pabrikan asal Jerman tersebut baru saja memperkenalkan Sennheiser Memory Mic, sebuah mikrofon yang bisa tersambung ke smartphone via Bluetooth untuk membantu meningkatkan kualitas audio pada saat pengambilan video dari jarak jauh. Seperti yang kita tahu, kualitas gambar bukanlah kelemahan smartphone dalam merekam video, melainkan kualitas audionya.

Seperti Mikme, Memory Mic datang bersama sebuah aplikasi smartphone yang berfungsi untuk menyinkronkan audio dengan video yang sedang direkam secara otomatis. Yang cukup unik di sini adalah, mikrofon bawaan smartphone rupanya masih akan aktif selama perekaman, sehingga pada hasil akhirnya, pengguna dapat menggabungkan audio dari Memory Mic dan suara ambient yang ditangkap oleh ponsel.

Juga menarik adalah kemampuan Memory Mic untuk terus merekam audio meski sudah keluar dari jangkauan koneksi Bluetooth. Ia dapat menyimpan audio secara internal hingga berdurasi empat jam, dan setelahnya dapat disinkronkan secara otomatis dengan video dari smartphone melalui aplikasi pendamping itu tadi.

Di balik kemasan putihnya yang terlihat premium itu bernaung mikrofon tipe condenser yang mampu merekam audio dari segala arah (omnidirectional) dalam resolusi 16-bit/48kHz, dengan rentang frekuensi 100 - 20.000 Hz. Casing-nya dilengkapi sebuah penjepit magnetik agar dapat dengan mudah dipasangkan ke tubuh subjek video yang hendak direkam.

Baterainya diperkirakan dapat bertahan sampai empat jam pemakaian dalam satu kali pengisian. Charging-nya sendiri mengandalkan sambungan USB-C, tapi sayangnya tidak ada informasi apakah perangkat ini juga dapat difungsikan sebagai mikrofon USB.

Sennheiser Memory Mic saat ini sudah dipasarkan seharga $200. Podcaster, YouTuber maupun kalangan umum yang ingin meningkatkan kualitas audio pada video-video bikinannya semestinya bakal tertarik dengan produk semacam ini.

Sumber: Sennheiser.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter