5 November 2015

by Glenn Kaonang

Sukses Crowdfunding, Perangkat Home Automation Hub Sentri Siap Dipasarkan

Berfisik elegan dan dibekali sederet sensor untuk memonitor 'kesehatan' rumah

Sekarang ini ada banyak perangkat home automation hub yang dijual di pasaran, tapi hanya sedikit yang punya fisik seelegan Sentri. Buat yang masih bingung apa itu home automation hub, perangkat ini sejatinya berperan sebagai otak dari sebuah rumah pintar, memberikan kontrol yang lengkap atas berbagai perangkat sekaligus.

Saya sendiri tidak menyangka kalau Sentri berawal dari sebuah proyek crowdfunding di Kickstarter. Pasalnya, wujudnya tampak seperti seakan-akan Apple yang mendesain. Di depan, Anda akan disambut oleh layar sentuh 10,1 inci dengan tampilan yang bisa dikustomisasi, sedangkan di belakang ada semacam kickstand sehingga Anda bisa meletakkannya di atas rak buku misalnya.

Namun tentunya tampang saja tidak cukup untuk merebut predikat home automation hub terbaik. Sentri ingin meraih prestasi tersebut dengan bekal seabrek sensor, mulai dari termometer, accelerometer, sensor pendeteksi gerakan, sensor kelembaban sampai sensor pengukur kualitas udara.

Tak hanya berhenti sampai di situ saja, Sentri juga mengemas kamera HD berkemampuan night vision sehingga ia bisa ditugaskan sebagai kamera pengawas. Mikrofon dan speaker pun turut ditanamkan di dalamnya supaya pengguna bisa memanfaatkannya sebagai sistem intercom untuk memudahkan komunikasi antar keluarga di dalam rumah.

Keunggulan lain Sentri adalah proses setup awal yang diklaim sangat mudah. Begitu mudahnya, Anda tidak perlu melibatkan smartphone selama proses tersebut. Selanjutnya, Sentri siap disambungkan dengan sejumlah perangkat smart home seperti bohlam Philips Hue, thermostat Nest atau saklar pintar Belkin WeMo.

Dari sini, fitur yang ditawarkan Sentri akan terdengar semakin menarik. Ia dapat memanfaatkan data-data yang dikumpulkan oleh sederet sensornya untuk mengontrol berbagai fungsi perangkat-perangkat smart home di atas secara otomatis. Contoh termudah adalah, menyalakan AC yang tersambung ke sebuah saklar pintar ketika suhu ruangan meningkat melewati batas yang telah ditentukan. Contoh lainnya, bohlam Philips Hue bisa menyala dengan sendirinya saat langit mulai gelap, bukan berdasarkan jadwal.

Kedengarannya sangat menarik bukan? Tentu saja. Akan tetapi sebelum Anda memesannya seharga $299, pastikan bahwa perangkat smart home yang ada di rumah Anda memang kompatibel dengannya. Kalau tidak ada, maka sia-sialah kemampuan home automation yang begitu dibanggakan Sentri – meski Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk memonitor 'kesehatan' rumah Anda.

Sumber: Digital Trends.