27 March 2015

by Yoga Wisesa

Sepatu 'Bunglon' Volvorii Bisa Hemat Anggaran Belanja Alas Kaki Anda

Buat mereka yang peduli pada penampilan, tiap alas kaki mempunyai peran dan momennya masing-masing. Sebuah model mungkin baru cocok dikenakan bersama pakaian atau untuk acara tertentu. Bayangkan betapa mudah dan hematnya jika kita tak lagi harus menyesuaikan sepatu, namun sebaliknya: alas kaki beradaptasi sesuai kebutuhan.

Ternyata tak cuma mungkin, sepatu berkemampuan bunglon dapat dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia. Diciptakan oleh startup asal Lithuania bernama iShuu Technologies, buat sekarang Volvorii Timeless baru ditujukan untuk wanita. Ia mengusung rancangan hak tinggi, elegan dan formal. Volvori juga mungkin hanyalah satu dari sedikit produk bergelar sepatu pintar.

Dasar teknologi yang mendukung fitur transformasi pola dan warna tersebut telah ada, tapi diterapkan untuk kebutuhan berbeda. iShuu mengadopsi E Ink (electrophoretic ink) dari device e-book reader, menaruhnya di Volvorii. Penampilan sepatu bisa dikendalikan dari perangkat bergerak. Setelah ditentukan, warna akan segera berubah.

Kustomisasi lebih lanjut dapat Anda lakukan dengan menambatkan aksesori tambahan. Volvorii mempunyai kancing jepret/tekan di bagian depan dan belakang. Pernak-pernik perhiasan inilah yang memungkinkan pengguna mempersonalisasi desain lebih spesifik. Anda bisa membubuhkan plat inisial nama, rantai emas, giwang berlian atau perhiasan lainnya. Kreativitas hanya dibatasi imajinasi.

Info menarik: Sepatu ‘Multi-Mode’ Enko Membuat Berlari Jadi Lebih Hemat Tenaga

Buat sekarang, Volvorii masih dalam tahap penyempurnaan. Tipe purwarupa tersebut sebelumnya sudah memperoleh sertifikasi Dragon Innovation dari tim analis Boston. Artinya prototype berhasil melewati uji coba serta pemeriksaan fisik dan baterai. Ambisi developer juga tak berhenti sampai di sana. Tes kualitas ketat ditempuh agar Volvorii mampu bersaing di kompetisi Louis Vuitton Prize.

Tiap Volvorii Timeless mempunyai display E Ink untuk menghasilkan pola polka dot, garis-garis ala bulu hewan, dan lain-lain. Semua itu tinggal dipilih dari aplikasi mobile, dan dikirimkan via koneksi Bluetooth. Material lainnya diusung dari kombinasi karet dan kulit, disajikan dalam ukuran Eropa, 36 sampai 40.

Tapi bagaimana jika Anda seorang pria? Anggap Volvorii sebagai investasi sekaligus cara untuk lebih berhemat. Berikan sepatu unik ini pada sang wanita spesial dan Anda tidak perlu bingung apakah ia akan menyukainya atau tidak. Ketika satu alas kaki mampu tampil berbeda, kegiatan 'beli sepatu baru' reguler-pun dapat diminimalisir.

Anda dipersilakan memesan Volvorii Timeless di situs crowdfunding Indie Gogo sembari membantu program penggalangan dananya. Ia dibanderol mulai dari US$ 250.