9 January 2015

by Yoga Wisesa

Sepatu Masa Depan Dari Back to the Future Akan Terealisasikan Tahun Ini

Luar biasa rasanya melihat bagaimana sineas klasik menggambarkan masa depan. Beberapa memang jauh dari kata akurat, tapi tak sedikit dari tebakan mereka yang tepat. Ambil contohnya film Back to the Future. Perjalanan waktu memang masih di luar kemampuan kita, namun sejumlah teknologi semisal video chat dan device motion control berhasil diprediksi.

Dan satu perangkat lagi juga tampaknya akan segera terwujud setelah kemunculan skateboard terbang Hendo Hoverboard. Di film Back to the Future Part II, tokoh Marty McFly yang hidup di tahun 1985 diminta pergi ke 2015 untuk membantu anak-anaknya di masa depan. Di sana ia diberi sepasang sepatu unik, dengan kemampuan mengikat talinya sendiri secara otomatis. Menurut sang desainer sepatu, teknologi itu akan tersedia di tahun ini.

Kisah pembuatannya juga sangat menarik. Seusai kesuksesan besar Back to the Future, desainer Nike bernama Tinker Hatfield diminta menciptakan sepatu spesial untuk film keduanya. Alas kaki masa depan itu ceritanya bisa mengikat sendiri dan mempunyai panel menyala. 15 tahun kemudian, sebuah petisi online berisi permintaan untuk membuat sepatu tersebut mencuri perhatian Hatfield.

Bersama inventor Tiffany Beers, Hatfield mulai merancang kembali dari nol alas kaki bernama Nike Mag tersebut. Mereka mengerjakannya selama enam tahun, dan harus mengulangnya sebanyak tiga kali. Setelah ribuan jam kerja, terciptalah replika sempurna sepatu milik Marty McFly. Terdapat sol menyala, warna dan bahan era 80-an, dan baterai internal rechargeable yang aktif hingga 3.000 jam.

 

Info menarik: Mari Sambut Hendo Hoverboard, Skateboard Terbang Pertama di Dunia

 

Nike Mag merupakan sepatu rechargeable pertama buatan Nike. Sayang fitur tali sepatu otomatis yang ada di film tidak hadir di sana. Nike juga mengingatkan bahwa sepatu tersebut tidak bisa digunakan untuk aktivitas-aktivitas berat. Di tahun 2011, sebanyak 1.500 pasang Mag dilelang di eBay dan keuntungannya diberikan pada badan riset penyakit Parkinson The Michael J. Fox Foundation. Harganya gila-gilaan, berkisar antara US$ 100.000 hingga lebih dari US$ 900.000.

Kemudian, beberapa waktu lalu Tinker Hatfield kembali membicarakan inovasi dan desain di panggung event #AgendaEmerge, dan salah satunya mengendai Nike Mag. Tanpa memberikan tanggal rilis pasti, Hatfield mengkonfirmasi timnya sedang bekerja keras meracik versi tahun 2015 Nike Mag, lengkap dengan tali 'Power Lace' otomatis.

Ia mengingatkan bahwa kita masih punya waktu 'sebelas dan dua pertiga bulan lagi'. Namun akan keren sekali jika seandainya Nike Mag baru diluncurkan tanggal 22 November, bertepatan dengan tanggal tayang Back to the Future Part II.

Via IGN. Sumber: Nice Kicks. Sumber gambar: Nice Kicks.