11 March 2015

by Yoga Wisesa

Sepatu 'Multi-Mode' Enko Membuat Berlari Jadi Lebih Hemat Tenaga

Ada pemicu di balik tren lari yang belakangan menjamur di masyarakat. Olahraga ini murah, mudah, dan bisa menjadi alasan membeli sepatu baru. Berbicara soal alas kaki, terdapat ratusan jenis sepatu sengaja dibuat untuk berlari. Tapi sudahkah Anda memilih dengan tepat? Apakah ia memang cocok di kaki, atau Anda tertarik hanya karena sepatu tersebut terlihat keren?

Di antara banyak sekali model sepatu lari hasil penyajian brand-brand terkenal dunia, startup kecil asal Perancis pimpinan Christian Freschi dan Jacqueline Pommier mengenalkan produk bernama Enko. Sederhananya, Enko adalah sepatu multi-mode yang mampu menyerap benturan dan tumbukan, menyimpannya, lalu mengubah energi jadi daya dorong bantuan gerakan Anda.

Tim developer menjelaskan, "Melalui sepatu standar, saat kaki Anda menyentuh tanah, energi akan tersebar dan hilang begitu saja. Tujuan Enko dihadirkan ialah demi mengembalikan serta memaksimalkan energi yang tercipta." Selain itu Enko juga dirancang untuk mencegah cedera serta menyuguhkan kenyamanan menyeluruh bagi pengguna. Ia merupakan jelmaan ide dan riset selama 12 tahun seorang pelari sekaligus inventor Christian Freschi.

Info menarik: Sepatu Masa Depan Dari Back to the Future Akan Terealisasikan Tahun Ini

Enko memiliki dua buah shock absorber sebagai medium penyimpanan tenaga sementara. Anda tinggal menyesuaikan switch ke mode lari atau berjalan. Bagian peredam tumbukan akan beradaptasi dengan berat tubuh, kemudian sewaktu Anda mengangkat tumit, muncul daya dorong tambahan. Tak cuma membuat lari jadi efisien, sendi dan mata kaki juga lebih aman dan nyaman.

Masalahnya sekarang, setiap orang sudah pasti mempunyai berat berbeda. Kalau begitu apakah Enko bisa dipakai semua orang? Developer mengatasinya dengan menyediakan beberapa jenis spesifikasi per shock absorber. Konsumen dapat mudah mengubah pernya sendiri. Ada tujuh tipe shock absorber, dikategorikan tiap 10 kilogram, mendukung dari 45 kilogram hingga 115 kilogram.

Dan berbeda dari sepatu biasa dengan sol permanen, bagian stud bantalan Enko dapat diganti jika sudah haus. Perlu diketahui, sepatu Enko didesain untuk berlari di jalanan, jalur halus, dan lintasan lari. Tapi tidak cocok digunakan dalam trail running - berlari di lintasan hiking.

Enko dapat dipesan sekarang di situs crowdfundingIndie Gogo, harganya dibanderol mulai dari US$ 290. Ia dijadwalkan tiba ke tangan para backer di bulan Agustus 2015.