Categories

Gadget

Sepeda Bernama Yerka Ini Diklaim Tak Bisa Dicuri

Yoga Wisesa - 17 March 2015

Tanpa ditenagai bahan bakar cair dan menghasilkan polusi, sepeda memang merupakan alternatif sarana angkut paling ramah lingkungan. Tapi sama seperti kendaraan bermotor, ia tetap menjadi objek target tindakan kriminal. Tahukah Anda, dalam setahun ada lebih dari 15 juta unit sepeda dicuri di seluruh dunia? Dan mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri.

Kita bisa saja menambahkan gembok dan rantai, namun para maling tentu tidak kalah pintar. Mereka dapat memotongnya dengan tang atau memakai zat asam. Seorang inventor bernama Andres Roi bahkan pernah menjadi korban pencurian dua kali berturut-turut. Meski trauma, ia kumpulkan tim ahli dan memulai proyek Yerka sejak tiga tahun lalu. Yerka dijanjikan sebagai sepeda anti-maling terobosan baru.

Anti-maling tidak berarti Yerka mampu menyetrum sang calon pencuri atau jadi hidup dan mulai berteriak minta tolong. Yerka memanfaatkan desain unik, di mana sepeda juga berperan sebagai gembok - tak lagi memerlukan aksesori eksternal atau tambahan. Ide ini dipercaya memberikan jawaban terbaik, karena maling akan berpikir berkali-kali sebelum mencoba mengambilnya.

Info menarik: ‘Sepeda-Mobil’ Raht Racer Mampu Lewati Kecepatan 110 Kilometer per Jam

Mengapa begitu? Cuma ada satu cara menggondol Yerka yang ditambat pada tiang pengaman: Memotong tangkai sekaligus frame penting di bawah jok. Bagian tersebut terbuat dari baja 'hardened' berketebalan 12 milimeter, sangat sulit digergaji dan mungkin hanya bisa dilas hingga putus. Masalahnya, ketika komponen itu rusak, sepeda tak lagi dapat digunakan. Demi menghadirkan ini, tim Yerka mengusung teknologi serupa dengan gembok Kryptonite.

Roda dan komponen gerak juga diamankan dengan metode unik. Di sana Yerka dilengkapi nut yang hanya dapat dibuka oleh kunci spesial milik Anda. Hasilnya, bukan sekedar mengamankan sepeda, semua komponen gerak Yerka juga dipastikan tetap utuh ketika Anda ingin mengendarainya kembali. Seandainya modal terkumpul lebih banyak, para penciptanya akan menyertakan kemampuan akses 'keyless' via koneksi Bluetooth dan app smartphone.

Walaupun inovatif dari sisi keamanan, developer tak mau berkompromi soal performa dan kenyamanan. Penyajian Yerka sederhana dan elegan. Ia didesain berdasarkan rancangan klasik yang ramping, tidak bulky layaknya sepeda lipat. Karena sistem kunci terintegrasi di dalam, ia benar-benar tampil seperti sepeda normal. Anda hanya membutuhkan kira-kira 10 detik untuk mengamankan Yerka.

Program penggalangan dana proyek Yerka sedang berlangsung di situs crowdfundingIndie Gogo. Target stretch pertama telah terlampaui, kini tinggal sasaran berikutnya. Di sana, Yerka dibanderol seharga US$ 430.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter