Sepeda Elektrik Ford MoDe:Me Andalkan iPhone 6 Sebagai Pusat Kontrolnya

Bukan cuma perangkat mobile yang boleh unjuk gigi di ajang MWC 2015, sepeda elektrik pun juga. Kira-kira demikian pendapat Ford, pabrikan mobil asal AS, saat memperkenalkan prototipe sepeda elektriknya, MoDe:Me, pada ajang tahunan yang dihelat di kota Barcelona tersebut.

MoDe:Me sederhananya merupakan sebuah sepeda lipat dengan motor listrik 200 watt dan baterai berdaya 9.000 mAh. Saat penggunanya malas mengayuh pedal, motor listrik milik MoDe:Me dapat membawanya melaju dengan kecepatan hingga 25 km/jam – ideal untuk dipakai di daerah perkotaan.

Pun demikian, MoDe:Me bukan sembarang sepeda listrik. Ia juga mengusung elemen mobile sehingga kehadirannya di ajang MWC 2015 pun bisa dibilang relevan. Berbekal sebuah mount khusus di bagian tengah setang, MoDe:Me memercayakan Apple iPhone 6 sebagai pusat kendalinya – dengan aplikasi khusus bernama MoDe:Link.

Info menarik: Storm eBike, Sepeda Listrik Segala Medan yang Dapat Di-Charge Dalam 90 Menit

‘Perkawinan’ MoDe:Me dan iPhone 6 ini menghadirkan sejumlah fungsionalitas yang menarik. Salah satunya adalah petunjuk navigasi via getaran pada setang – mirip seperti cara kerja perangkat smrtGRiPS yang pernah saya bahas di bulan Januari lalu.

Kedua, iPhone 6 yang terpasangkan ini juga berfungsi sebagai dashboard, menampilkan berbagai informasi yang relevan untuk para pesepeda, seperti ramalan cuaca, rute-rute khusus, maupun lahan parkir spesial untuk sepeda yang memang tersedia di berbagai lokasi.

Kemudian yang menurut saya paling menarik adalah kemampuannya memonitor laju jantung, dan menerapkan semacam fitur cruise control seperti milik mobil-mobil pada umumnya. Sederhananya begini, merujuk pada data laju jantung pengendaranya, MoDe:Me akan menyesuaikan daya motor listrik dan bobot pedal. Anda bisa saja menganggapnya sebagai teknologi hybrid untuk sepeda – kalau mobil menggabungkan daya yang dihasilkan oleh mesin bensin dan motor listrik, di sini MoDe:Me mengawinkan ‘tenaga betis’ dan motor listrik.

Info menarik: Jaguar Ingin Hentikan Perseteruan Mobil dan Sepeda Lewat Teknologi Bike Sense

Selain kepintaran via integrasi iPhone 6, MoDe:Me juga dilengkapi teknologi canggih miliknya sendiri. Salah satunya adalah sejumlah sensor ultrasonik yang ditambatkan di bagian belakang sepeda. Gunanya adalah mendeteksi keberadaan kendaran lain yang akan menyalip dan memberikan peringatan berupa getaran pada setang, sekaligus memenjarkan lampu di belakang.

Di samping MoDe:Me, Ford juga menyiapkan versi lain dari sepeda elektrik serupa, MoDe:Pro, yang ditujukan bagi para pemilik bisnis berkat kemampuannya mengusung sejumlah muatan. Yang disayangkan, Ford masih belum mempunyai rencana pasti terkait produksi kedua sepeda elektrik pintar ini secara massal.

Sumber: Ford via SlashGear.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again