Categories

Gadget

Berdesain Elegan, Sepeda Elektrik Kvaern Datang Bersama Charger Panel Surya

Hijau kuadrat: sudah elektrik, suplai energinya dari matahari pula

Glenn Kaonang - 2 March 2018

Selain untuk menghindari kemacetan dan menjaga kebugaran tubuh, sepeda sebagai moda transportasi juga merupakan solusi alternatif untuk ‘menghijaukan’ bumi. Sepeda elektrik pun sudah semestinya tetap mengutamakan ketiga aspek ini selagi memberikan kemudahan ekstra bagi penggunanya.

Kvaern adalah salah satunya. Sepeda elektrik buatan startup asal Denmark ini datang bersama sebuah battery pack dan panel surya opsional, sehingga suplai energinya bisa didapat murni dari matahari. Sayangnya sejauh ini belum ada informasi terkait seberapa cepat proses charging-nya jika menggunakan panel surya.

Baterai milik Kvaern sendiri tersembunyi dengan rapi di bagian kerangka sepeda yang terbuat dari aluminium, dan bisa dicabut kapan saja untuk ditancapkan langsung ke colokan listrik di saat darurat. Dalam satu kali charge, baterainya bisa bertahan sampai sepeda menempuh jarak sekitar 50 kilometer.

Kvaern

Baterai ini menyuplai energi ke motor berdaya 250 W yang terintegrasi. Perlu diingat, pengguna masih harus tetap mengayuh pedal, sebab motor elektrik tersebut hanya bertugas memberi dorongan ekstra. Kendati demikian, pengembangnya percaya bahwa kecepatan 25 km/jam bisa dicapai dalam waktu 4,5 detik saja.

Pada bagian setangnya, terdapat sebuah layar kecil untuk menampilkan indikator kecepatan, sisa baterai dan jarak tempuh. Rencananya, Kvaern bakal dipasarkan melalui platform crowdfunding Indiegogo dalam waktu dekat. Harganya dipatok 999 euro, sedangkan charger panel suryanya akan dijual terpisah seharga 449 euro.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id