Categories

Gadget

Seperti Alat Konstruksi, Smartphone Cat S40 dari Caterpillar Sangat Tangguh

Yoga Wisesa - 29 July 2015

Dalam industri pertambangan dan konstruksi, Caterpillar telah lama diakui sebagai brand terdepan. Mereka memupuk reputasi dalam penyediaan truk, bulldozer sampai mesin penghancur. Di sisi yang lebih mainstream, Cat menjual barang konsumen semisal jam serta apparel. Tapi mungkin tak banyak orang tahu, mereka juga memproduksi smartphone.

Sebenarnya Caterpillar sudah bermain di ranah perangkat telekomunikasi cukup lama. Namun device baru dapat masuk ke kategori smartphone saat Cat B15 diperkenalkan. Dan belum lama, Caterpillar mengungkap Cat S40, model paling anyar di lini produk tersebut. Tentu saja konsep dasar S40 perpedoman pada faktor yang menjadi ciri khas Caterpillar: ketangguhan serta daya tahan tinggi.

Di segi penampilan, handset masih meneruskan pendekatan desain model-model terdahulu, meski Cat S40 tak lagi terlihat terlalu bulky. Ia memiliki dimensi 144,9x74.1x12,5 milimeter, berbobot 185 gram, menyuguhkan layar IPS 4,7-inci 540x960, dan tidak lupa diproteksi lapisan Corning Gorilla Glass 4. Di situs resmi, Caterpillar tidak menyebutkan secara detail tentang susunan material eksternalnya, tapi saya berasumsi smartphone mengombinasi bahan logam dan karet.

Info menarik: Motorola Resmikan Moto G 2015 dengan Prosesor Lebih Cepat dan Kamera Lebih Bening

Fitur utama Cat S40 bisa langsung Anda rasakan saat ia dikeluarkan dari bungkus. Handset ini memperoleh sertifikasi IP68 sehingga anti-air selama satu jam, anti-debu, dan beroperasi di suhu -25 hingga 55 derajat Celcius. Kemudian S40 dibekali sertifikat Military Standard 810G, mengindikasikan smartphone tahan benturan dan tetap bekerja normal meski jatuh dari ketinggian 1,8 meter. Lewat teknologi glove-on, kita tidak usah melepas sarung tangan kerja. Layar juga tetap sanggup membaca jari walaupun basah.

Bagian display sengaja dispesialisasikan untuk luar ruangan. S40 diklaim menyajikan layar super-cerah plus output audio mumpuni. Lewat baterai Lithium Ion berkapasitas 3000mAh, S40 dijanjikan menawarkan talk-time selama 18 jam dan standby sampai 39 hari. Ia turut didukung oleh sambungan 4G, konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.1, micro USB, NFC, serta GPS.

Melihat spesifikasi jeroannya, ternyata Cat S40 masih berada di tingkatan antara entry-level dan mid. Smartphone mengusung system-on-chip Qualcomm MSM8909 berprosesor quad-core 1,1GHz, dengan memori RAM 1GB, penyimpanan internal 16GB, dan berjalan di platform Android 5.1 Lollipop. Selain itu terdapat kamera utama bersensor 8-megapixel dan kamera depan 2-megapixel.

Karena konsep di belakang pembuatan Cat S40 berbeda dari smartphone pada umumnya, ia tidak bisa dibandingkan dengan model biasa. Dan 'ketangguhan' tersebut memang menuntut harga cukup tinggi. S40 dibanderol seharga £ 400 atau kisaran US$ 620.

Sumber: Cat Phones. Via Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter