Wikipedia adalah salah satu sumber informasi terpenting di internet yang memungkinkan siapapun menyunting isinya. Kontennya terpercaya, siap membawa Anda ke sumbernya, dan keakuratannya hampir menyamai Encyclopædia Britannica. Wikipedia ialah senjata andalan para pelajar serta mahasiswa, dan tak sedikit kutu buku terjaga di tengah malam sekedar untuk melahap topik-topik unik.

Namun jika bagi Anda membaca deretan teks deskriptif bukanlah cara seru buat mempelajari hal-hal baru, seorang developer bernama Kevan Davis punya solusinya. Ia berhasil mengubah Wikipedia menjadi game petualangan. Permainan tersebut tetap menuntut Anda membaca teks, namun Davis membubuhkan elemen interaktif di sana, menyulapnya jadi game text-based ala era 1980-an. Sang developer memberinya judul Wikipedia: The Text Adventure.

Wikipedia The Text Adventure 1

Cara menikmati Wikipedia: The Text Adventure sangat mudah dan sederhana. Permainan ini tersaji gratis serta dapat diakses langsung menggunakan browser di PC Anda. Anda bisa menjajalnya langsung cukup dengan mengunjungi Kevan.org/Wikitext. Setelah sampai, game akan menyuguhkan 10 pilihan lokasi acak untuk memulai petualangan serta kolom search buat menentukan tempat secara spesifik sesuai keinginan Anda.

Contohnya jika Anda memilih Great Sphinx of Giza. Di laman selanjutnya, kita segera disuguhkan penjelasan singkat mengenai tempat tersebut serta gambar dengan grafis vector beresolusi rendah. Selanjutnya, permainan menyajikan opsi pergi ke utara (Giza East Field), tenggara (Hall of Records), barat (Cemetery GIS), atau barat laut (Piramida G1-d). Untuk berinteraksi, Anda tinggal masukan arah dalam bahasa Inggris di bagian yang tersedia – contohnya mengetikkan ‘north‘. Sesudah itu, entry baru akan keluar di bawahnya, mendeskripsikan tempat yang Anda pilih.

Wikipedia The Text Adventure 2

Fitur unik yang mungkin lupa disampaikan oleh developer ialah kemampuan memeriksa elemen-elemen di area tersebut – yaitu dengan menuliskan ‘examine‘ kemudian dilanjutkan oleh objek pilihan Anda. Fitur ini memang tidak bisa diterapkan pada semua hal. Seandainya diimplementasikan pada objek biasa, permainan hanya akan mengeluarkan notifikasi ‘you see nothing unusual‘.

Di versi paling barunya (1.15), masing-masing lokasi Wikipedia: The Text Adventure disajikan terpisah. Buat sekarang, Anda tidak bisa pergi dari satu daerah penting ke daerah lainnya, dan harus kembali ke page awal untuk menjelajahi lokasi lain.

Bayangkan epiknya andai tiap-tiap posisi di permainan tersambung, memungkinkan kita berpindah-pindah lokasi dan berkeliling dunia secara virtual sembari belajar.

Via PC Gamer.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.