Categories

Gadget

Seperti Flash Disk Biasa, iLuun Air Dapat Menerima dan Meneruskan Data ke Ponsel Secara Nirkabel

Bertindak sebagai Wi-Fi hotspot sendiri, sehingga penggunaannya sama sekali tidak memerlukan koneksi internet

Glenn Kaonang - 19 October 2016

Dimensi yang ringkas dan konsep plug-and-play menjadikan USB flash drive atau flash disk sebagai salah satu medium paling praktis untuk memindah data dari satu komputer ke yang lain. Masalahnya, PC atau laptop tidak lagi menjadi gadget utama kita, dan sehari-harinya kita sering dihadapkan dengan skenario memindah data dari smartphone ke komputer atau sebaliknya.

Untuk itu, sebuah startup bernama iLuun mencoba menawarkan solusi yang cukup menarik. Dijuluki iLuun Air, ia pada dasarnya merupakan sebuah flash disk USB 3.0 standar, tapi dengan kemampuan menerima dan meneruskan data ke smartphone atau tablet secara nirkabel.

Pengguna sama sekali tidak diwajibkan memiliki koneksi internet, karena iLuun akan memancarkan Wi-Fi hotspot-nya sendiri saat dinyalakan. Setelah tersambung, pengguna tinggal membuka aplikasi pendampingnya di smartphone untuk menyimpan foto, video, file lagu maupun dokumen lainnya.

Foto, video maupun musik bisa langsung dinikmati dari smartphone atau tablet tanpa perlu dipindah terlebih dulu / iLuun

iLuun Air juga berfungsi sebagai media streamer, mendukung koneksi dengan enam perangkat sekaligus. Foto atau video yang tersimpan di dalamnya bisa langsung dilihat di smartphone atau tablet tanpa perlu dipindah terlebih dulu, dan iLuun Air bisa terus beroperasi selama 5 jam sebelum baterainya perlu diisi ulang.

Setibanya di rumah, pengguna tinggal menancapkan iLuun Air ke komputer untuk memindah isinya atau sekadar membuat backup. Tentu saja, selagi menancap, charging akan otomatis berlangsung.

iLuun Air tersedia dalam empat pilihan kapasitas: 32, 64, 128 dan 256 GB. Masing-masing bisa dipesan lewat Kickstarter seharga $49, $65, $89 dan $119 selama masa early bird. Ia kompatibel dengan perangkat iOS maupun Android.

Secara keseluruhan, perangkat ini bisa dilihat sebagai alternatif menarik dan praktis dari layanan cloud storage yang bisa bekerja secara offline. Di pasaran memang sudah ada banyak flash disk berkonektor khusus yang bisa disambungkan langsung ke perangkat iOS atau Android, akan tetapi iLuun Air unggul dalam hal media streamer, mengingat ia bisa diakses oleh enam pengguna secara bersamaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter