12 January 2015

by Yoga Wisesa

Seperti 'Hantu', Ghost Drone Akan Terbang Diam-Diam Sambil Merekam Video

Memang betul konsumen belakangan diserbu oleh bermacam-macam produk drone. Tapi mari singkirkan sejenak pemikiran 'drone lagi, drone lagi' dari benak Anda karena semakin banyak pilihan sebenarnya semakin bagus pula untuk konsumen. Dan sebuah karya startup baru patut memperoleh perhatian berkat fitur-fitur praktis yang membuat drone mudah digunakan.

Dirancang oleh James Hu, Derric Xiong dan kawan-kawan untuk para pemula sekaligus penerbang veteran, Ghost diklaim sebagai drone yang paling mudah diterbangkan. Tanpa remote control khusus, tombol-tombol rumit serta kopilot, Anda cuma membutuhkan satu set Ghost dan perangkat mobile. Ia menyuguhkan sistem perintah 'satu sentuhan' di smartphone, dan menitikberatkan pada kemampuan auto follow canggih.

Auto follow memungkinkan pengguna meminimalisir jumlah kru videography ataupun fotografi. Bahkan tanpa bantuan, Anda dapat memaksimalkan Ghost saat berlari, bersepeda, atau melakukan olahraga ekstrim. Fitur ini akan terus merekam aktivitas dan menjaga kamera tersorot pada pengguna, meski kita bergerak ke sana kemari. Ia bisa terbang dan mendarat secara otomatis.

Penyajiannya tak kalah unik. Anda bisa memesan versi langsung pakai, atau kit DIY untuk berhemat, juga sempurna bagi Anda penggemar utak-utik. Terdapat G-Box untuk menghubungkan smartphone dan drone, serta gimbal 2D demi memastikan gambar tetap stabil dan kompatibel dengan kamera action GoPro. Hasil rekaman pun dapat langsung di-share ke teman-teman.

 

Info menarik: Hubsan X4 Pro Tandingi Drone Lain Dengan Harganya Yang Terjangkau (Updated)

 

Berkat target stretch yang terpenuhi dalam waktu singkat, Ghost Drone memperoleh berbagai fitur fungsional tambahan. Ia kini bisa terintegrasi ke smartwatch anti-air. Artinya, Ghost telah mendukung aktivitas olahraga air semisal berseluncur atau ber-jet ski. Kemudian dengan mode TILT, drone akan berputar dan menoleh mengikuti kemiringan smartphone Anda.

Lalu bagaimana seandainya Anda ingin mengkustomisasi arah terbang Ghost? Developer sudah menyiapkan sebuah app companion canggih. Anda dapat menentukan arah, kecepatan, orientasi, memerintahkan terbang atau mendarat, serta mengendalikan sudut kamera via slider. Ingin kontrol lebih presisi tapi layar handset Anda kurang besar? Tinggal gunakan sistem micro control.

Ghost mendukung semua jenis action camera GoPro, termasuk HERO4. Ia anti-angin, anti-air, dibekali mode malam ditambah lampu LED dan akan kembali ke posisi Anda jika koneksi terputus.

Satu unit Ghost dijual seharga US$ 600 melalui situs crowdfundingIndie Gogo. Versi DIY-nya lebih murah, cuma US$ 355. Lihat spesifikasi lengkapnya di bawah.