Categories

Misc

Seperti Ini Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog atau Web

Bambang Winarso - 27 March 2014

Selain konten, backlink adalah salah satu elemen terpenting dalam kaidah SEO atau search engine optimization.

Ibarat sebuah kerajaan, backlink adalah seorang ratu dan konten adalah rajanya. Menanamkan backlink dapat dilakukan dengan mudah, tetapi bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang berhasil tertanam? Nah di artikel tips hari ini akan kita ulas.

Untuk mengetahui jumlah backlink blog atau web kita membutuhkan tool, ada satu alat atau tepatnya layanan yang menawarkan informasi jumlah backlink baik yang bertipe dofollow maupun nofollow. Layanan tersebut bernama Ahrefs, dan untuk mendapatkan informasi dasar khususnya jumlah backlink, Anda dapat menggunakan layanan gratis mereka. Yuk kita coba!

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka web resmi Ahrefs di tautan ini. Daftarkan sebuah akun dengan cara mengklik tombol Register Free Account!.

 

Info Menarik: Electronic Arts Bukan Lagi Perusahaan Terburuk di Amerika Serikat

  • Masukkan nama, email dan kata sandi yang benar kemudian lanjutkan ke proses berikutnya. Setelah itu buka email yang Anda gunakan dan lakukan konfirmasi pendaftaran.

  • Setelah proses pendaftaran selesai, sekarang Anda sudah bisa masuk ke dalam akun dan mencoba layanan ahrefs. Klik tombol Sign In dan masukkan email serta kata sandi yang Anda gunakan saat mendaftar tadi.

  

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Grup di Facebook

  • Setelah masuk Anda akan dihantarkan ke halaman depan webAhrefs, nanti akan ada form seperti gambar di bawah ini. Untuk memulai silahkan ketik alamat web atau blog yang ingin anda ketahui jumlah backlink-nya. Sebagai contoh saya input url web Trenologi.com kemudian klik Try It for Free.

  • Hasilnya seperti ini, sistem akan menampilkan informasi peringkat web, peringkat domain, jumlah backlink dan jumlah domain berdasarkan backlink tersebut.

  • Jika Anda scroll mouse ke bawah maka akan ada informasi yang lebih mendalam seperti informasi berapa jumlah pasti backlink, jumlah halaman yang terindeks dilengkapi dengan grafis perubahan dengan rentang waktu yang dapat Anda atur ulang.

Selain mengetahui jumlah backlink blog, layanan ini juga menawarkan dari mana saja backlink-backlink yang didapat oleh web tersebut. Di menu yang berbeda Anda dapat pula menggunakan tool untuk mengetahui ke dalaman keyword, lokasi pengunjung, halaman paling populer dan juga informasi mendalam lain yang bisa Anda selami apabila melakukan upgrade ke versi pro.

Semoga artikel cara mengetahui jumlah backlink blog ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel tips yang lain besok.

Sumber gambar header backlink via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter