28 September 2016

by Bambang Winarso

Seperti Inikah Wujud BlackBerry DTEK60?

BlackBerry DTEK60 disebut bakal menjadi smartphone Android ketiga setelah Priv dan DTEK50

Beberapa waktu yang lalu BlackBerry dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone Android ketiganya, DTEK60. Oleh banyak sumber DTEK60 disebut hanya sebagai smartphone penebus janji yang tak mempunyai banyak hal-hal baru yang asli dari BlackBerry.

Pendapat itu sepertinya tak berlebihan, dalam bocoran terbaru DTEK60 memang tampak seperti kebanyakan smartphone Android standar. Tak ada yang baru, terutama dari segi desain yang paling mudah dilihat. DTEK60 hanya tampak lebih elegan dengan adanya garis melengkung di sepanjang tepian perangkat. Desain nyaris serupa antara DTEK50 dan DTEK60 cukup beralasan mengingat keduanya dirakit oleh perusahaan yang sama, TCL yang juga memproduksi ponsel-ponsel Alcatel.

DTEK60 disebut bakal berjibaku di kelas high end yang disimpulkan dari garis desain melengkung di bagian depan dan belakang. Sebelumnya, disebutkan smartphone mengemas layar 5,5 inci dengan resolusi QHD (1440 x 2560 piksel) dan ditenagai Snapdragon 820 seperti di banyak jeroan flagship ternama.

Spek kamera terdiri dari sensor 21MP di belakang dan 8MP di depan, sementara di belakang ponsel ditopang baterai sebesar 3.000mAh. Menariknya, DTEK60 pun diyakini bakal dilengkapi sensor sidik jari plus piranti lunak khas BlackBerry yang mengoptimalkan keamanan perangkat.

Bekal jeroan DTEK60 di atas kertas menjanjikan daya gedor yang sangat baik, meski dibalut body yang tak banyak berubah dari kebanyakan ponsel pintar yang ada di pasaran. Sebagai brand besar, kita tentu mengharapkan lebih.

Tapi, kita harus bersabar dan menunggu sampai DTEK60 diresmikan oleh BlackBerry, yang menurut sumber bakal dilangsungkan di Kanada pada tanggal 11 Oktober 2016.

Sumber berita Ubergizmo.